Articles [Kata Sandang]

Belajar Bahasa Inggris Articles – Berbeda dari bahasa Indonesia, articles dalam bahasa Inggris adalah kata-kata yang ditempatkan untuk memodifikasi kata benda, entah manusia, hewan, tempat, maupun objek. Articles kadang dikelompokkan sebagai kata sifat atau adjective mengingat jenis kata tersebut memiliki fungsi serupa, yakni memodifikasi kata benda atau noun.

Meski demikian, penggunaan articles lebih ditujukan untuk merujuk atau menunjuk pada kata benda itu sendiri. Adapun jenis articles dalam bahasa Inggris dibagi jadi tiga, yakni definite article, indefinite article, dan zero article.

Mengenal jenis-jenis articles bahasa Inggris dan fungsinya

Dalam praktiknya, definite article dan indefinite article adalah dua jenis article yang paling umum dijumpai dalam frasa atau kalimat. Berdasarkan penempatan dan konteks kalimat, definite article ditempatkan untuk kata-kata benda yang sifatnya sudah spesifik. Berbeda dengan indefinite article yang biasanya dipakai saat seseorang menerangkan sesuatu yang belum spesifik atau dalam pemakaian definite articles di kalimat sebelumnya.

Untuk memahami konsep dan penerapannya dalam kalimat, berikut pengertian article dan indefinite article yang bisa kalian simak.

  1. Definite article

Kata yang masuk ke kategori definite article adalah the. Kata tersebut bisa kalian tempatkan untuk menunjukkan kata benda atau noun, baik yang bentuknya tunggal maupun jamak. Seperti yang telah disebutkan, noun yang dapat ditunjukkan the mencakup orang/manusia, benda, tempat, hingga gagasan atau ide. Dengan catatan, kata benda tersebut sudah spesifik.

Berikut contoh untuk definite article yang dapat kalian pelajari:

This is the dog that she saw two days ago (Anjing ini yang dia lihat dua hari lalu). Pada kalimat ini, kalian dapat simak bahwa kata the ditempatkan sebelum kata dog yang sudah spesifik, yakni seekor anjing yang ditemukan she dua hari sebelumnya. Bukan anjing lain di tempat atau waktu berbeda.

I saw the mailman who sent the package last morning (Aku melihat tukang pos itu yang mengirim bingkisan pagi kemarin). Seperti pada contoh kalimat article sebelumnya, kalian bisa melihat kata the disimpan sebelum the mailman untuk menegaskan bingkisan dikirimkan oleh tukang pos pada pagi kemarin, bukan pada waktu lain.

Sifat lain yang dikenali dari definite article adalah kata benda yang digunakan sudah countable alias bisa dihitung.

2. Indefinite article

Belajar Bahasa Inggris Articles – Secara garis besar, pengertian indefinite article adalah kata yang dipakai untuk menunjukkan sesuatu yang belum spesifik atau jelas. Kadang indefinite article digunakan saat kalian tidak terlalu peduli dengan kata benda yang dibincangkan.

Belajar Bahasa Inggris ArticlesLantas, kata apa saja yang masuk ke kategori indefinite article? Adalah dan an, dua articles dalam bahasa Inggris yang dipakai buat menunjukkan sesuatu yang kedudukannya belum pasti. Agar kalian lebih paham, berikut beberapa contoh kalimat dengan indefinite article.

My mother bought a lipstick yesterday (Ibuku baru membeli lipstik kemarin). Di sini, walau kalian tahu sang ibu membeli lipstik, kalian tak tahu detailnya. Entah warna, jenis, atau brand. Maka kata ditempatkan pada contoh kalimat ini.

He went home by using an umbrella (Dia pulang ke rumah dengan payung). Selanjutnya, ada contoh indefinite article dengan an yang menerangkan bahwa seseorang pulang membaya payung, tetapi tak ada keterangan lain yang menjelaskan warna maupun ukuran payung tersebut.

Dalam pengertian articles, indefinite article tak bisa kalian pakai buat uncountable nouns atau kata benda yang tak bisa dihitung. Sebagai contoh: She needs a water. Air bukan sesuatu yang bisa dihitung seperti daun atau buah, maka kalimat yang tepat adalah she needs water.

Adapun aturan-aturan yang sebaiknya kalian pahami saat akan menggunakan indefinite article dalam daftar contoh kalimat indefinte article, antara lain:

  • ‘a’ digunakan untuk kata benda tunggal dengan awalan huruf konsonan. Contoh: a book, a car, a teapot, a bird, dan lain sebagainya;
  • ‘an’ digunakan untuk kata benda tunggal dengan awalan huruf vokal. Contoh: an egg, an actress, an invitation, an orange, dan lain sebagainya;
  • ‘a’ digunakan untuk kata benda tunggal dengan awalan ‘suara’ konsonan meski huruf pada contoh kalimat article memakai huruf awalan vokal. Contoh: kata university dibaca yu-ni-ver-si-ti. Dengan awalan yu, maka indefinite article yang dipakai adalah alih-alih an.
  • ‘an’ digunakan untuk kata benda tunggal dengan awalan ‘suara’ vokal meski huruf awal pada kata tersebut adalah konsonan. Contoh: kata hour dibaca a-wer. Dengan awalan a, maka indefinite article yang dipakai adalah an alih-alih a.

Kalian yang baru mempelajari indefinite article mungkin bakal kewalahan di awal. Namun, praktik yang konsisten akan membuat kalian terbiasa menggunakan dan an sesuai konteks.

 3.Zero article

Jenis article dalam bahasa Inggris ini mungkin jarang atau tak kalian kenali. Pasalnya, zero article memang tak menggunakan definite article maupun indefinite article. Berikut kumpulan contoh yang dapat membantu kalian memahami konsep zero article.

  • Kata benda jamak (plural) dan dapat dihitung (countable nouns) yang berlaku keseluruhan, umum, atau tak spesifik. Contoh:

Strars are shining bright ([Semua] bintang bersinar terang).

She really loves rabbits (Dia sangat menyukai [semua] kelinci).

Koalas are cute ([Semua] koala terlihat menggemaskan).

  • Kata benda yang tak dapat dihitung (uncountable nouns) yang sifatnya tak spesifik. Contoh:

My father likes drinking avocado juice (Ayahku suka minum jus alpukat).

The egg needs salt (Telurnya membutuhkan garam).

My wife hates cheese (Istriku membenci keju).

  • Dalam pengertian articlesnama kota, negara, bahasa, dan gunung pun tak memerlukan definite article atau indefinite article. Contoh:

Emma Stone is from Unites States of America.

I’m traveling to Bandung.

She can speak Japanese and Korean.

  • Nama subjek pelajaran dan olahraga pada contoh zero articles:

My sister doesn’t like Chemistry.

She studies English everyday.

Her brother loves swimming.

Catatan: kalian harus tahu kapan waktu yang tepat menggunakan the dan tanpa the pada contoh untuk kata benda jamak atau plural. Ketika hanya disodorkan rabbits dan the rabbits, kalian pasti tak akan mengenal perbedaannya. Jadi, dibutuhkan contoh kalimat article buat mendalami konteks pemakaian.

Kata rabbits bisa diaplikasikan untuk penggunaan umum. Namun, saat kalian membicarakan kelinci tertentu atau spesifik, maka tambahkan deninite article, yakni the, sebelum kata rabbits. Contoh:

She really loves rabbits (Dia sangat menyukai [semua] kelinci).

The rabbits in my mother house are from Lembang, Bandung (Kelinci-kelinci yang ada di rumah ibuku berasal dari Lembang, Bandung.

Bisakah definite article digabungkan dengan indefinite article?

Bagaimana, sudah paham dengan pengertian dan penerapan definite article, indefinite article, dan zero article? Kalian yang sudah lama mendengarkan lagu atau membaca tulisan dalam bahasa Inggris pasti bakal langsung mengenali dan semakin paham dengan penggunaannya. Lalu setelah itu, kalian mungkin bertanya-tanya apakah kedua articles dalam bahasa Inggris ini bisa disatukan dalam sebuah kalimat?

Jawabannya ternyata bisa!

Berikut salah satu contoh yang bisa kalian dalami: She has a new laptop. The laptop is very expensive because it’s limited edition (Dia punya laptop baru. Laptop tersebut mahal karena termasuk edisi terbatas).

Dalam kalimat article bahasa Inggris tadi, kalian pelajari dulu pemakaian article per kalimat. Pada she has a new laptop, kalian akan mendapati kata sebelum new laptop yang mengindikasikan bahwa laptop tersebut belum diketahui detail atau spesifikasinya. Satu-satunya informasi yang kalian terima adalah bahwa laptop tersebut baru.

Kemudian, di kalimat kedua, the laptop is very expensive because it’s limited edition, kalian menerima informasi tambahan. Perubahan article dari menjadi the adalah tanda bahwa kalian sudah tahu laptop mana yang sedang dibincangkan, yakni laptop yang dimiliki subjek she. Selain itu, disebutkan bahwa laptopnya mahal karena edisi terbatas. Kalian juga sebenarnya bisa menggunakan kata new atau tidak, sebab sudah disebutkan pada kalimat sebelumnya.

Contoh-contoh lain yang bisa kalian pahami berdasarkan pengertian articles di antaranya:

He met a girl at the beach party last night. The girl had a beautiful smile (Dia bertemu seorang gadis di pesta pantai semalam. Gadis itu punya senyum yang memesona).

There is a car in front of his house. The car belongs to his parents who visit him regulary (Ada sebuah mobil terparkir di depan rumahnya. Mobil itu milik kedua orangtuanya yang mengunjungi dia secara rutin.

Aturan-aturan lain dalam aplikasi article bahasa Inggris

Jenis Bahasa Inggris ArticlesDari penjelasan di atas, kalian diharapkan sudah bisa membedakan fungsi masing-masing article yang ada dalam bahasa Inggris. Nah, sebelum mempraktikkannya, ada sejumlah aturan tambahan yang sebaiknya kalian ingat juga untuk menghindari kesalahan, terutama saat mempelajari contoh kalimat article.

  • Pemakaian ‘the’ pada nama lokasi

Seperti yang dibahas sebelumnya, nama lokasi (kota, desa, gunung, dan lain sebagainya) tak membutuhkan article khusus alias zero article. Namun, kalian bisa menggunakan definite article alias the dengan catatan ada penambahan keterangan.

Sebagai contoh, untuk Semarang saat memakai zero article ditulis menjadi in Semarang. Sementara saat menggunakan the, maka frasanya menjadi in the Semarang city. Kalian bisa pilih salah satu dari dua contoh article kalimat bahasa Inggris tadi sesuai kebutuhan.

  • Pemakaian pada kepemilikan

Untuk menyatakan kepemilikan atau possessive, maka definite article adalah jenis yang bisa kalian gunakan. Sebagai contoh: the government of West Java atau West Java’s government.

  • Pemakaian pada perubahan struktur

Hampir sama seperti contoh sebelumnya, definite article biasanya ditambahkan saat struktur frasa atau nama tempat diubah. Sebagai contoh: her book menjadi the book of hers; Harvard University jadi The University of Harvard.

  • Pemakaian pada uncountable nouns

Penggunaan the alias definite article pada uncountable nouns biasanya dijumpai pada situasi informal. Misalnya saat kalian menyatakan rasa makanan seperti the tea is not sweet (Teh ini tidak terasa manis).

Demikian penjelasan seputar pengertian article beserta contoh kalimat dan aturan pemakaiannya dalam situasi-situasi tertentu. Tidak terlalu sulit, bukan? Dengan latihan berkala, kalian pasti dapat menempatkan jenis-jenis article di atas sesuai konteks kalimat tanpa mengubah makna dalam bahasa Inggris. Selamat belajar!