KampungInggris.Net Selamat datang di KampungInggris.Net, Mau belajar bahasa inggris dengan Mudah dan Menyenangkan.? Pelajari semua materi kami ya..

Materi Belajar Bahasa Inggris [Tersusun Sistematis]

24 min read

DAFTAR ISI

Bahasa Inggris adalah salah satu bahasa yang sangat banyak dipelajari oleh warga Indonesia bahkan di seluruh dunia karena Bahasa Inggris telah resmi dan disepakati negara di seluruh dunia menjadi bahasa internasional yang mana bisa digunakan bagi setiap orang dimanapun mereka berada. Bahasa Inggris memang sangat sulit dipelajari bagi orang yang memang belum terbiasa belajar Bahasa Inggris untuk pemula.

Bahasa Inggris memang susah-susah gampang dalam memahaminya karena memang bukan bahasa kita sendiri, dan pada sejarahnya bangsa Inggris juga tidak lama menjajah Indonesia sehingga bahasa yang diserap kurang begitu maksimal untuk bisa dipahami oleh warga negara Indonesia saat ini.

Bahasa Inggris mudah dipelajari jika Anda mempelajarinya sejak kecil saat ingatan Anda masih sangat baik karena memang kita harus menghafal berbagai kosa kata Bahasa Inggris yang sangat banyak agar bisa melakukan percakapan sehingga ketika belajar pada waktu dewasa menjadi lebih sulit karena otak tidak lagi bagus dalam hal mengingat.

Namun, pada orang-orang tertentu juga bisa mendapatkan kemampuan berbahasa inggris karena mempunyai kelebihan dalam hal mengingat dan memahami berbagai hal apalagi dengan hafalan kosa kata Bahasa Inggris yang banyak dan pengucapannya pun yang berbeda sehingga banyak yang mengatakan sulit.

Selain itu, pendidikan bahasa Inggris di sekolah dirasa masih kurang karena kebanyakan hanya fokus pada grammar saja sedangkan untuk bisa lancar berbahasa Inggris diperlukan praktik yang secara terus menerus dan berkesinambungan. Jika belajar bahasa Inggris tidak berkelanjutan maka akan mudah sekali lupa karena pada dasarnya bahasa yang sudah terekam adalah bahasa lokal kita atau Bahasa Indonesia.

Bahasa Inggris ini sangat penting sekali bila dipelajari. Bahasa Inggris yang menjadi bahasa Internasional ini membuat Anda bisa berkomunikasi dengan siapa pun yang ada di luar negeri, tidak hanya untuk negara Inggris saja akan tetapi semua negara akan menggunakan Bahasa Inggris ini. Jadi, jika Anda tidak bisa berbahasa Inggris maka akan kesulitan berkomunikasi dengan mereka.

Selain itu, Bahasa Inggris juga menjadi salah satu syarat untuk berbagai hal seperti beasiswa, pekerjaan dan lain-lain yang berhubungan dengan warga negara asing. Bayangkan saja jika Anda ingin mendaftar beasiswa ke luar negeri akan tetapi tidak bisa menggunakan Bahasa Inggris bukankah akan sangat kesulitan berkomunikasi ?

Oleh karena itu penting sekali mempelajari Bahasa Inggris. Anda yang baru belajar tidak perlu khawatir karena Anda sudah sangat baik karena memiliki keinginan dan usaha untuk bisa berbahasa Inggris. Untuk membantu Anda dalam berbahasa Inggris, maka disini akan menampilkan beberapa hal yang bisa dipelajari oleh setiap orang yang ingin belajar bahasa Inggris :

Tahapan Menulis (Writing)

Salah satu tahapan yang bisa dilakukan untuk bisa mahir dalam berbahasa Inggris adalah dengan menulis. Menulis ini hal yang sangat amat mudah karena Anda hanya perlu menuliskan jika salah bisa dihapus kembali. Menulis juga akan meningkatkan kemampuan Anda dalam memahami berbagai kosa kata yang digunakan oleh orang Inggris.

Menulis dalam Bahasa Inggris adalah Writing yang artinya Anda dituntut untuk belajar menulis berbagai kata atau kalimat dalam Bahasa Inggris dengan baik dan benar. Banyak kaidah yang harus dipahami sehingga pembelajaran ini harus dilakukan secara serius agar bisa cepat paham dan bisa segera mahir dalam menulis Bahasa Inggris. Berikut ada beberapa hal yang bisa dipelajari dan juga perlu dipahami :

1. Pemahaman Dasar Huruf

Pada pembelajaran bahasa Inggris bagi pemula, yang pertama dan paling utama dipelajari adalah pemahaman dasar huruf, bisa diketahui pembuatan kata atau kalimat juga tidak pernah luput dari yang namanya huruf. Di sini, mari kita bahas mengenai huruf yang bisa dipelajari untuk mahir dalam berbahasa Inggris. :

Alfabet atau Abjad

Pertama, Anda harus mengenal alfabet atau huruf abjad agar bisa membuat kata atau juga kalimat yang benar dalam berbahasa Inggris kali ini. Alfabet atau abjad pada Bahasa Inggris tidak berbeda dengan abjad untuk Indonesia dan negara lain di dunia, namun dalam pengucapannya dan menggunakannya ini sedikit berbeda. Oleh karena itu, Anda juga harus belajar tentang Alfabet atau Abjad ini, yaitu :

A    B    C    D

E    F    G    H

I    J    K    L

M    N    O    P

Q    R    S    T

U    V    W    X

Y    Z

Sama bukan ? Alfabet ini bisa Anda pelajari lebih jauh lagi untuk bisa belajar Bahasa Inggris dengan sangat baik. Anda harus pandai membedakan pembacaan di dalam bahasa Inggris dan dalam bahasa Indonesia. Berikut adalah cara mudah membacanya :

A  [ei]        K [kei]        U [yuw]

B [bie]        L [el]        V [vi]

C  [cie]        M [em]        W [‘dabәlyuw]

D [die]        N [en]        X [eks]

E [ie]        O [ow]        Y [wai]

F [ef]        P [pie]        Z [zie]

G [jie]        Q [kyuw]

H [eic]        R [a:]

I [ai]        S [es]

J [jei]        T [tie]

Dari penjabaran diatas Anda bisa menyimpulkan bukan ada yang sama pengucapannya dengan Bahasa Indonesia ada yang Berbeda sehingga Anda harus mempelajarinya sebaik mungkin agar tidak terkecoh dengan kesamaan tersebut. Berlatih ini tidaklah memerlukan waktu yang lama, Anda bisa mengulang-ulangnya selama sepuluh menit dan pasti bisa. Atau jika kesulitan, Anda bisa menghafalkan dengan lagu alfabet dengan bahasa Inggris sehingga akan mudah diingat-ingat oleh otak.

Huruf Vokal

Seperti Bahasa Indonesia, dalam penggunaan alfabet dalam bahasa Inggris ini juga mempunyai huruf vokal. Namun, jika memang Anda tidak tahu sama sekali mengenai huruf vokal maka simak penjelasannya terlebih dahulu. Huruf vokal adalah huruf hidup atau bisa menghasilkan suara yang berbeda. huruf vokal tersebut adalah a, i, u, e, o. 5 huruf ini harus Anda ketahui sebagai huruf vokal.

Huruf Konsonan 

Seperti pada huruf vokal, huruf konsonan juga merupakan bagian dari huruf alfabet yang memiliki pengertian bahwa huruf ini adalah huruf mati yang mana tidak bisa atau sulit diungkapkan jika berdiri sendiri sehingga membutuhkan huruf vokal. Jadi, sampai di sini paham ya jika alfabet itu terdiri dari huruf vokal dan konsonan.

Huruf Diam (Silent)

Huruf diam adalah huruf yang jika terdapat dalam sebuah kata menjadi tidak dianggap atau tidak berarti lagi tetapi dalam bentuk bakunya harus ada dalam kata tersebut agar menjadi kesatuan yang utuh. Contoh mudahnya jika di Bahasa Indonesia adalah kata “tahu” yang memiliki arti paham. Kata “tahu” ini tidak akan dibaca huruf “h” nya melainkan menjadi terdengar “tau”

Dalam bahasa Inggris banyak sekali huruf diam yang terdapat dalam berbagai kata, sehingga kita harus berhati-hati karena jika salah ucap akan menjadi hal yang kurang bagus didengar bahkan bisa mengubah artinya. Berikut adalah contoh dari huruf diam dalam Bahasa Inggris :

  • Huruf B, contohnya    : Thumb         [Det]        artinya jempol

Doubt            [Daut]           artinya ragu

Lamb            [Dam]        artinya Domba

Bomb            [Bom]        artinya bom

  • Huruf D, contohnya    : wednesday        [Wensdei]  artinya Rabu
  • Huruf H, contohnya     : Honest        [‘anast]       artinya jujur

  Honor            [‘anәr]        artinya kehormatan

  Hour            [awә]        artinya jam

  • Huruf K, contohnya    : Knife            [naїf]        artinya pisau

Know            [now]        artinya mengetahui

Knee            [nie]         artinya lutut

  • Huruf P            : Recipt            [ri’sit]        artinya menerima

  Cupboard        [‘kabard]    artinya lemari

  • Huruf T            : Listen            [‘lisәn]          artinya mendengarkan

  Hasten        [‘heisәn]    artinya mempercepat

  Castle            [‘kӕsәl]     artinya istana

  • Huruf W        : Write            [rait]          artinya Menulis

Answer        [‘ӕnsә]     artinya jawaban

Wrap            [rӕpt]       artinya membungkus

  1. Cara Membaca (Spelling)
  2. Huruf A
  1. Dibaca ei, jika terletak sebelum kata yang berakhiran huruf E, contohnya :

Cake        [keik]        Kue

Name        [Neim]        Nama

Make        [Meik]        Membuat

  1. Dibaca seperti o, jika terletak setelah huruf W dan di depan huruf T, L,LL, LD, contohnya :

Water        [Woter]        Air

Wall        [Wol]        Tembok

False        [Fo:ls]        Salah

  1. Dibaca e: (panjang), jika terletak sebelum Re, contohnya :

Scare        [Ske:]        Takut

Dare        [De:]        Berani

Care        [Ke:]        Menjaga

  1. Dibaca a: (panjang), jika terletak sebelum huruf R, SS, ST, SK,LF, LM, NCE, contohnya :

Half        [Ha:lf]        Setengah

Fast        [fa:st]        Cepat

Ask        [a:sk]        Bertanya

  1. Dibaca è, jika terletak sebelum huruf konsonan, contohnya :

Man        [Mèn]        Pria

Fat        [Fèt]        Gemuk

Cat        [Kèt]        Kucing

  1. Huruf I
  1. Dibaca ai, jika terletak di suku kata terbuka atau juga bisa terletak sebelum huruf LD, GH, E, GN, ND, contohnya :

I        [ai]        Saya

Kind        [kaind]        baik hati

Wise        [wais]        Bijaksana

  1. Dibaca i, jika terdapat dalam suku kata tertutup atau suku kata tunggal, contohnya :

It        [it]        dia (benda)

Will        [wil]        akan

Sin        [sin]        dosa

  1. Dibaca e, jika terletak sebelum R mati, contohnya :

Girl        [Ge:l]        gadis

Birth        [Be:th]        kelahiran

First        Fe:st]        pertama

  1. Huruf U
  1. Dibaca u, jika terletak setelah huruf R atau L. Contoh :

Crude         [Krud]         Kasar

Flute         [Flut]         Seruling

Glue         [Glu]         Lem

  1. Dibaca a, jika huruf U tertutup suku-suku mati atau terletak di antara
    dua suku mati (yang tidak dihidupkan). Contoh :

But         [Bat]         Tetapi

Dust         [Dast]        Debu

Run         [Ran]        Lari

Namun tidak semua dibaca demikian, masih ada beberapa kata dalam bahasa Inggris, di mana huruf U tertutup di antara dua huruf mati yang tetap dibaca U. Contoh :
Put         [Put]         Meletakkan

Push         [Push ]        Mendorong

Bush         [Bush]         Belukar

  1. Dibaca e, jika ia terletak sebelum huruf R. Contoh :
    Hurt         [He:t]         Menyakitkan

Church         [Cers]         Gereja

Nurse         [Ne:s]         Perawat

  1. Dibaca yu (panjang). Contoh :

Music         [Myu:zik]     Musik

Muse         [Myu:z     ]    Melamun

Student     [Styu:dent ]    Pelajar

  1. Huruf E
  1. Dibaca i atau i panjang (I:). Contoh :
    She         [Syi: ]        Dia (perempuan)

Before         [Bifo]         Sebelum

Because     [Bikoz]     Karena

  1. Huruf E tetap dibaca E. Contoh :

Net         [Net]        Jala

Send         [Send]         Mengirim

West         [West ]        Barat

  1. Huruf O
  1.  Dibaca o, jika ia terletak dalam suku kata tertutup dan terletak di
    depan huruf R. Contoh :

From         [From]         Dari

Stop         [Stop]         Berhenti

Top         [Top]         Puncak

  1. Dibaca ou, jika ia terletak sebelum huruf L, LL. LD, LT, ST atau huruf-huruf
    mati lainnya yang berakhiran E bisu dan dalam suku-suku kata terbuka. Contoh :

Cold         [Kould]     Dingin

Hope         [Houp]         Berharap

Globe         [Gloub]     Peta

Pengecualian pada beberapa kata di bawah ini :

One         [Wan]         Satu

Month         [Manth]     Bulan

Love         [Lav]         Cinta

Some         [Sam]         Beberapa

  1. Dibaca u. Contoh :

Who         [Hu]         Siapa

To         [Tu]         Kepada

Whose         [Huz]        Milik siapa

  1. Huruf Y
  1.  Dibaca y jika di awal kalimat. contoh :

Yes         [Yes]        Ya

Year         [Yie: ]        Tahun

Yellow         [Yelou]     Kuning

  1. Dibaca ai, jika ia terletak di akhir kata. Contoh :

Dry         [Drai]         Kering

Fly         [Flai]         Terbang 

Why         [Hwai]         Mengapa

  1. Dibaca i, jika ia terletak di akhir kata. Contoh :

Any         [Eni]        Sesuatu

Baby         [Bebi]         Bayi

Lazy         [Lezi]         Malas

  1. Huruf C
  1.  Dibaca s, jika ia terletak sebelum huruf E, I, Y. contoh :

Face         [Feis]         Wajah

City        [Siti]         Kota

Cycle         [Saikl]         Sepeda

  1. dibaca k, jika ia terletak sebelum huruf A, U, D. contoh :

Call         [Kol]         Memanggil

Come         [Kam]         Datang

Cut         [Kat]        Memotong

  1. Huruf G
  1. Dibaca G, jika terletak sebelum huruf hidup (vowel). Contoh :
    Get         [Get ]        Memperoleh

Give        [Giv]        Memberi

God         [Gad]         Tuhan
Dibaca j, jika terletak sebelum huruf I, E, Y (kebanyakan). Contoh :

General     [Jenerel]    Umum

Gypsy         [Jipsi ]        Pengembara

Ginger         [Jinje]        Jahe

2. Pemahaman Dasar Kata

Setelah Anda mengetahui berbagai hal mengenai kata dalam bahasa Inggris, selanjutnya melangkah pada hal yang lebih banyak lagi dari huruf yaitu adalah kata. Ada beberapa aturan yang ada pada bahasa Inggris mengenai kata yang akan digunakan. Ada beberapa kelompok kata yang bisa Anda pelajari sebagai pemula dalam belajar Bahasa Inggris. Kata-kata ini biasa dikenal dengan 8 part of speech.

Kata Benda (Noun)

Kata benda adalah kata-kata yang menjelaskan mengenai benda-benda yang ada di sekitar lingkungan kita. kata benda bisa berupa orang, hewan, tepat, dan lain sebagainya. Kata benda bisa berfungsi sebagai objek atau subjek dalam sebuah kata kerja atau juga bisa diubah menjadi kata sifat atau adjective. Berikut ini adalah beberapa pengelompokan kata benda dalam Bahasa Inggris :

Kata Benda yang Berhubungan dengan Nama (Proper Noun)

Proper Noun adalah Kata benda yang berhubungan dengan nama suatu benda. Bisa berupa nama negara, nama provinsi, nama kota nama tempat, juga nama orang, Contoh dari kata benda ini adalah :

Indonesia (nama negara), Jakarta (nama ibu kota), Ancol (nama tempat wisata), Dyna (nama orang), dan lain sebagainya. Setiap kata tersebut adalah kata yang menampilkan nama berarti merupakan proper noun.

Kata Benda yang Berhubungan dengan Jenis (Common Noun)

Common Noun adalah kata benda yang biasanya menjelaskan tentang jenis, benda, dan lain-lain. Jika proper noun  merupakan nama suatu benda maka common noun bisa jadi benda tersebut yang mana memiliki kelas atau ordo. Berikut adalah contoh dari common noun :

Pencil (Pensil), T-Shirt (Kaus), Watches (Jam Tangan), Handphone (Ponsel). Dari contoh tersebut sudah kita ketahui bukan bahwa mereka ini adalah suatu kelas bukan nama benda atau merk nya. Contoh tersebut masih berarti semua karena mempunyai banyak jenis di dunia ini.

Kata Benda Tunggal dan Jamak (Singular and Plural Noun)

Kata Benda Tunggal atau Jamak merupakan kata benda yang menggambarkan jumlah benda yang diungkapkan apakah bernilai satu atau bisa disebut singular atau juga bisa berjumlah banyak atau bisa disebut plural. Contoh dari Kata benda tunggal dan majemuk ini adalah:

SingularPrular
WomanWomen
ManMen
BoyBoys
SpoonSpoons

Jadi, kata benda yang tunggal dan majemuk ini juga  dibagi menjadi 2 yang biasa yaitu jika jamak tinggal menambahkan huruf “s” saja di belakang kata benda, yang diatas sudah dicontohkan boy menjadi boys dan spoon menjadi spoons. Sedangkan ada yang tidak bisa hanya ditambahkan dengan huruf “s” dibelakangnya misalnya yaitu : woman yang dalam bentuk jamak menjadi women, lalu ada man yang dalam bentuk jamak menjadi men.

Contoh tersebut hanyalah contoh yang sedikit saja sehingga Anda perlu mencarinya lebih banyak dan bisa belajar lebih giat lagi dalam mencari kata benda model singular dan prular ini.

Kata Benda Bisa Dihitung atau Tidak Bisa Dihitung (Countable Noun and Uncountable Noun)

Kata benda yang bisa dihitung dan tidak bisa dihitung juga menjadi salah satu pengetahuan bagi Anda yang ingin belajar bahasa Inggris. Countable Noun adalah kata benda yang bisa dihitung misalnya benda-benda yang ada di sekitar kita seperti sepeda atau bike/bikes yang mana bisa dihitung jumlahnya.

Namun, untuk Uncountable Noun ini merupakan kata benda yang sama sekali tidak bisa dihitung banyaknya. Contoh dari kata benda yang tidak bisa dihitung ini adalah air atau dalam Bahasa Inggrisnya adalah Water. Anda tidak mungkin bisa kan menghitung berapa jumlah air yang Anda gunakan. Jadi, sampai di sini sudah paham bukan ?

Kata Kerja (Verb)

Kata kerja adalah suatu kata yang menunjukkan suatu pekerjaan yang dilakukan oleh manusia atau makhluk hidup lainnya. Biasanya juga digunakan untuk menjelaskan kata benda yang telah diungkapkan atau juga aktivitas dari kata benda tersebut. Kata kerja memiliki 2 jenis yaitu kata kerja yang berubah menurut aduan atau regular verb dan juga irregular verb. Berikut adalah penjelasan lengkapnya :

Kata Kerja yang Berubah Menurut Aturan (Regular Verb)

Kata kerja yang bisa berubah sesuai dengan aturan adalah kata kerja yang memiliki kaidah tersendiri jika berubah menurut waktu terjadinya. Dalam bahasa inggris kita mengenal yang dinamakan verb I (base form) yang merupakan kata kerja utama dan bisa berubah menjadi verb II(past form) atau Verb III (past participle) yang akan Anda pelajari selanjutnya di bagian kalimat.

Nah, kata kerja yang menurut aturan atau kaidah ini biasanya memiliki pola yang sama, memiliki perbedaan antara v1, v2, dan v3. Biasanya dari Verb I ini hanya ditambahkan huruf “ed” saja di belakang kata kerja yang akan digunakan.

Contohnya yaitu : Annoy menjadi Annoyed, Befit menjadi Befited jadi sangat mudah menggantinya. Kata-kata ini memang sangat ramah bagi para pemula dalam belajar Bahasa Inggris. Namun, jangan salah ternyata masih ada satu lagi yaitu Irregular Verb yang akan dijelaskan di bawah ini.

Kata Kerja yang Berubah Tidak Menurut Aturan (Irregular Verb)

Kata kerja yang tidak mengikuti kaidah Bahasa Inggris yaitu Irregular Verb yang mana memiliki bentuk yang berbeda antara verb 1, verb 2, dan verb 3 jadi sangat sulit diprediksi dan mau tidak mau harus dihafalkan karena tidak bisa jika harus mengandalkan rumus. Katanya tidak bisa hanya diberikan tambahan kata “ed” saja. Berikut ini adalah contoh dari Irregular Verb :

Verb IVerb IIVerb III
BeginBegan Begun
SwimSwam Swum
Eat AteEaten
Drive Drove Driven

Jadi, itu merupakan sedikit contoh saja dan masih banyak lagi yang harus dihafal. Sehingga, Anda harus sedikit demi sedikit mulai mempelajari mereka dan mulai menghafalnya setiap hari agar Anda tidak lupa dengan kata-kata penting tersebut.

Kata Sifat (Adjective)

Kata Sifat atau adjective merupakan jatah yang menggambarkan sifat dari suatu benda atau suatu makhluk hidup. Kata sifat untuk menjelaskan lanjut benda sehingga yang mendengarkannya bisa mempunyai gambaran. Berikut ini adalah beberapa contoh dari kata sifat yang bisa Anda pelajari agar bisa segera mahir berbahasa Inggris :

Amazing (Menakjubkan), Beautiful (Cantik), Handsome (Tampan), Big (Besar), Short (Pendek), dan lain sebagainya yang bisa Anda cari sendiri di sekitar Anda. Di mana kata tersebut bisa menggambarkan suatu benda mati maupun hidup maka kata tersebut adalah kata sifat atau adjective.

Kata Ganti (Pronoun)

Kata ganti atau pronoun  adalah sebuah kata yang bisa mewakili nama orang tanpa menyebut namanya yang mana jika di dalam dialog memang sudah saling mengerti, atau jika di dalam sebuah cerita maka telah dijelaskan sebelumnya sehingga tidak perlu menyebutkan nama lagi dan lagi karena akan sangat membosankan bukan ?

Kata ganti orang ini memiliki bentuk yang berbeda sesuai dengan tempatnya di dalam kalimat. Sehingga, Anda harus berhati-hati dalam penggunaan kata ini. Akan tetapi jika sudah terbiasa pasti tidak akan bingung lagi. Berikut adalah kata ganti orang menurut tempatnya dalam kalimat :

Kata Ganti sebagai Subjek (Pronoun as Subject)

Pada tempat kata ganti orang yang pertama adalah yang bertempat dalam kalimat sebagai subjek. Jadi, biasanya dalam kalimat itu ada pada kata yang pertama. Pada kalimat menjadi subjek ini biasanya kata ganti orang yang biasa kita gunakan yaitu :

They (mereka), we (kita), I (saya), you (kamu), he (dia laki-laki), she (dia perempuan), it (dia benda) atau biasa orang menghafalkan dengan (dewi ayu hisi it) agar mudah menghafalkannya saja. Nah, pada kata pertama dalam kalimat ini gunakan kata-kata ini agar tidak salah.

Contohnya adalah kalimat adalah : they/ we/ I/ you/ he/ she eat some grapes yang artinya adalah mereka/ kita/ kamu/ aku/ dia memakan beberapa buah anggur.

Kata Ganti sebagai Objek (Pronoun as Object)

Berikutnya adalah kata ganti orang sebagai objek yang biasanya terletak di tengah kalimat jika ada kata keterangan atau juga bisa di belakang saat tidak ada kata keterangan. Kata ganti ini biasanya menggambarkan kata tersebut sebagai objek atau tujuan dari suatu tindakan dalam kalimat. Berikut adalah kata ganti orang sebagai objek :

Me (Aku), You (Kamu), Them (Mereka), Us (Kita), Her (Dia Perempuan), Him (Dia Laki-laki), It (Dia Benda). Dengan seperti ini maka Anda bisa mengidentifikasi apakah kata ganti tersebut  menjadi objek dari kalimat tersebut. Namun, juga hati karena you dan it  tidak mengalami perubahan dalam kalimat ini.

Contoh kalimat dari kata ganti sebagai subjek adalah : I love him/ her/ it/ them/ you/ us yang artinya Aku cinta dia (laki-laki, perempuan, benda), mereka, kamu, kita.

Kata Ganti untuk Kepunyaan (Possessive Pronoun )

Pada kata ganti untuk memperlihatkan kepunyaan ini disebut dengan possessive pronoun yang mana, Anda bisa menganalisis kalimat yang mana yang menjadi memiliki dari suatu benda tersebut sehingga Anda tidak bingung lagi.

Jadi, benda bisa menjadi objek atau subjek tergantung dengan kalimatnya sedangkan kata ganti ini menjadi sebuah keterangan dari kata benda tersebut merupakan kepemilikannya siapa. Jadi bisa duduk sebagai subjek maupun objek. Contoh katanya adalah :

Mine (Punyaku), Yours (Punyamu), Theirs (punya mereka), Ours (punya kita), hers (punya dia perempuan), his (punya dia laki-laki), dan its (punya dia benda). Agar lebih jelas Anda bisa melihat contoh yang berikut ini :

This book is mine/ yours/ theirs/ ours/ hers/ his/ its yang artinya buku ini adalah milik saya/ milikmu/ milik mereka/ milik kita/ milik dia (laki-laki, perempuan, atau benda). Dengan contoh ini sudah tidak bingung lagi kan ?

Kata Ganti untuk Menerangkan Siapa yang Memiliki Benda Tersebut (Reflexive Pronoun)

Selanjutnya adalah kata ganti yang menerangkan siapa pemilik benda. Jadi, jika tadi possessive pronoun  itu menerangkan bendanya yang dimiliki oleh orang maka kini reflexive pronoun itu adalah siapa yang memiliki benda yang diterangkan tersebut. Sampai di sini pasti sudah paham. Nah, akan lebih paham lagi pastinya jika kita berikan contoh katanya dan kalimatnya, berikut :

Myself (diri saya), yourself (diri kamu), themself (diri mereka), ourself (diri kita), herself (diri dia perempuan), himself (diri dia laki-laki), its (diri dia benda). Contoh kalimatnya adalah : Do it by Myself/ yourself/ themself / ourself / herself / himself / its. yang artinya lakukan dengan diriku sendiri, diri kamu sendiri, diri mereka sendiri, diri kami sendiri, diri dia (perempuan) sendiri, diri dia (laki-laki) sendiri atau juga diri dia (benda) sendiri.

  1. Kata Keterangan (Adverb)

Adverb adalah kata keterangan dari suatu kata atau suatu kalimat yang tentunya ada pada kalimat tersebut yang biasanya terletak di bagian akhir kalimat. Jika, Anda menemukan kata di bagian ujung kalimat yang isinya menerangkan yang lain maka kata tersebut yang dinamakan kata keterangan atau adverb.

Ada banyak sekali Adverb yang bisa Anda pelajari sebagai sarana belajar Bahasa Inggris untuk pemula agar semakin mahir dalam Berbahasa Inggris. Berikut adalah beberapa contoh kata keterangan atau Adverb yang bisa Anda pelajari :

Kata Keterangan Waktu (Adverb of Time)

Kata keterangan waktu ini merupakan kata yang menerangkan waktu kejadian dari kalimat yang akan diidentifikasi tersebut. Anda bisa tahu kata tersebut adalah kata keterangan waktu bisa dari kata-kata yang berikut ini yaitu :

Now (Sekarang), Then (Nanti), Immediately (Secepatnya), Yesterday (Kemarin), Tomorrow (besok), later (kemudian), daily (setiap hari), dan masih banyak lagi yang lainnya. Berikut merupakan contoh dari kata keterangan waktu :

He always comes late (dia selalu datang terlambat)

Let’s go now (Ayo kita berangkat sekarang)

Kata Keterangan Tempat (Adverb of Place)

Seperti pada kata keterangan waktu, kata keterangan tempat juga merupakan kata keterangan yang menjelaskan suatu kalimat tersebut terjadi di mana. Tempat tersebut diterangkan biasanya juga berada di akhir kalimat atau juga bisa ditemukan di awal kalimat jadi tidak bisa menjadi patokan ya, akan tetapi jika Anda menemukan suatu kata yang menerangkan tempat maka itulah kata keterangan tempat atau adverb of place, yang bisa Anda pelajari.

Contoh dari kata keterangan tempat bisa diketahui dari kata here (disini), near (dekat), there (di sana) dan lain sebagainya. Berikut adalah contoh kalimat yang menggunakan kata keterangan tempat :

She is near from your house (dia berada di dekat rumahmu)

Please stay here (tolong tetaplah di sini)

Kata Keterangan Cara (Adverb of Manner)

Selanjutnya, ada kata keterangan cara yang banyak ditandai dengan kata yang berakhiran “ly” yang berarti dengan. Jadi , kata keterangan cara ini adalah kata yang menerangkan suatu objek atau subjek ini bagaimana melakukan hal tersebut. Contoh dari kata ini adalah sadly (dengan kesedihan), bravely (dengan keberanian), happily (dengan kebahagiaan), fast (cepat), dan lain sebagainya.

Contoh dari kata keterangan cara ini adalah :

She always walking to the school happily (Dia perempuan selalu jalan kaki ke sekolah dengan senang hati)

The teacher teach too fast (Guru itu mengajar terlalu cepat)

Kata Keterangan Frekuensi (Adverb of Frequency)

  • Kata keterangan frekuensi adalah kata keterangan yang menjelaskan seberapa sering kegiatan tersebut dilaksanakan. Biasanya menggunakan kata-kata berikut untuk bisa mengidentifikasi kata kerja frekuensi : often (sering), never (tidak pernah), sometimes (kadang-kadang), usually (biasanya), dan lain sebagainya. Seperti biasa langsung saja kita ke contoh kalimatnya :

I have told you twice (aku sudah dua kali memberitahumu)

I often drink juice (aku sering meminum jus)

3. Pemahaman Dasar Kalimat 

Setelah belajar mengenai huruf, kata, maka selanjutnya kita Akan memahami kalimat yang ada di dalam Bahasa Inggris. Di sini kita akan mempelajari yang namanya kalimat dalam bahasa Inggris yang dikenal sulit pada kebanyakan orang yang belajar Bahasa Inggris karena memiliki kesulitan yang cukup tinggi, Namun jangan khawatir karena Anda yang sudah memiliki niat dan tekad yang kuat pasti bisa menaklukkannya. Berikut adalah beberapa Bentuk Kalimat (Tenses) yang bisa dipelajari :

Simple Present Tense

Untuk kalimat yang pertama akan kita pelajari adalah simple present tense yang merupakan bentuk kalimat yang banyak digunakan oleh kebanyakan masyarakat kita. Biasanya digunakan untuk menunjukkan suatu fakta, kebiasaan, dan juga kejadian yang terjadi pada saat itu juga.

Rumus : Subject + Verb 1 (present form)

Present Continuous Tense

Kalimat yang kedua adalah present Continuous Tense yang merupakan kalimat yang banyak digunakan untuk membicarakan suatu kegiatan yang berlangsung pada saat pembicaraan tersebut berlangsung atau bisa juga digunakan untuk kalimat yang menyampaikan rencana masa depan.

Rumus : Subject + am/is/ar + Verb-ing (continuous form)

Present Perfect Tense

Selanjutnya ada Present Perfect Tense yang merupakan kalimat penekanan terhadap hasil yang mana biasanya kalimat ini diungkapkan saat kegiatan masih berlangsung pada waktu itu juga tahu saat kegiatan baru saja selesai.

Rumus :Subject + has/have + verb III (Past participle form)

Present Continuous Tense

Kalimat selanjutnya yang harus Anda kuasai juga adalah kalimat Present Continuous Tense yang mana merupakan kalimat pada saat kegiatan yang sudah selesai pada masa lampau atau juga bisa kegiatan yang telah dimulai pada masa lampau dan diteruskan hingga sekarang ini.

Rumus : Subject + Has/Have + Been + Verb-ing (continuous form)

Simple Past Tense

Simple Past Tense merupakan kalimat yang sangat sederhana, banyak digunakan, dan juga mudah dipahami. Kalimat ini biasanya digunakan untuk mengungkapkan kejadian yang terjadi di masa yang sudah lampau yang biasanya ditandai dengan kata yesterday, last day, this morning, in 2010, dan lain sebagainya.

Rumus : Subject + Verb II (past form)

Past Continuous Tense

Selanjutnya ada past continuous tense yang merupakan kalimat yang digunakan untuk suatu kegiatan yang sedang terjadi pada masa lalu. Di dalam kalimat biasanya terdapat satu pada kejadian yang lalu dan satu pada kejadian yang lain. Biasanya kejadian yang lain tersebut menggunakan kalimat ini.

Rumus : Subject + Was/Were + Verb-ing (Continuous form)

Past Perfect Tense

Kalimat yang selanjutnya Anda pelajari adalah Past Perfect Tense yang biasanya menunjukkan kegiatan yang sudah terjadi pada suatu waktu yang sudah lalu dan juga menekankan pada fakta daripada penekanan terhadap durasi atau waktu, Biasanya menggunakan kata until that day, before yesterday, dan lain sebagainya.

Rumus :Subject + had + verb III (Past participle form)

Past Perfect Continuous Tense

Kalimat selanjutnya yang tak kalah pentingnya dipelajari adalah Past Perfect Continuous Tense yang mirip dengan past perfect tense yang digunakan untuk mengungkapkan kejadian atau kegiatan pada masa lampau yang telah selesai pada suatu waktu namun menggunakan penekanan durasi.

Rumus : Subject + had + been + Verb-ing (continuous form)

Simple Future Tense

Selanjutnya ada kalimat yang menunjukkan suatu kejadian yang akan ada pada masa yang akan datang yang bisa digunakan untuk membuat keputusan di masa depan yang berhubungan dengan asumsi masa yang akan datang yang biasanya dipengaruhi dengan kata will atau be going to.

Rumus : Subject + will.be going to + Verb I (present form)

Future Continuous Tense

Selanjutnya adalah kalimat Future Continuous Tense yang mana menunjukkan suatu kejadian atau kegiatan yang terjadi pada waktu  di masa yang akan datang dan pasti terjadi di masa yang akan datang dekat-dekat ini.

Rumus : Subject + Will/be going to + be +Verb II (Continuous form)

Future Perfect Tense

Kalimat yang selanjutnya Anda tahu adalah future perfect tense yang merupakan kejadian yang sudah berakhir pada waktu yang akan datang di masa depan. Biasanya diikuti dengan kata by next Sunday, in a week, dan lain sebagainya.

Rumus : Subject + Will have + Verb III (past participle form)

Future Perfect Continuous Tense

Kalimat yang selanjutnya adalah Future Perfect Continuous Tense yang memang mirip dengan jenis kalimat perfect continuous Tense yang merupakan suatu serangkaian kejadian  yang terjadi sebelum waktu tertentu di masa yang akan datang pada kalimat ini, biasanya didukung oleh all day long dan yang lainnya,

Rumus : Subject + Will have been + Verb-ing (continuous form)

Past Future Tense

Kalimat selanjutnya adalah past Future tense yang biasanya digunakan pada kalimat yang tidak langsung yang terdapat perubahan bentuk serta menyesuaikan dengan rangkaian  peristiwa. Berikut adalah rumus yang digunakan untuk membuat past future tense :

Rumus : Subject + Would + Verb I (Present form)

Past Future Continuous Tense

Kalimat yang tak kalah pentingnya dipelajari selanjutnya adalah past future continuous tense yang mana memiliki penekanan pada serangkaikan atau durasi pada suatu waktu yang terjadi yang merupakan sebuah kalimat yang tidak langsung. Berikut adalah rumus nya :

Rumus : Subject + should/would be+ Verb-ing (continuous form)

Past Perfect Continuous Tense

Pada pelatihan Bahasa Inggris ini tak luput dengan Past Perfect Continuous Tense yang memiliki tiga waktu di masa lampau yaitu waktu yang akan datang waktu tertentu di masa lalu, namun kegiatan yang sudah selesai harus selesai sebelum waktu yang akan datang.

Rumus : Subject + Should/ would have +verb III (past participle form)

Past Future Continuous Tense

Kalimat yang akan kita bahas ini merupakan bentuk yang paling sulit dan terlihat sangat rumit bagi Anda. Anda bisa belajar lagi dari past future perfect tense yang menekankan pada durasi waktu yang berlalu dan juga hasilnya.

Rumus : Subject + would have been + Verb-ing (continuous form) 

4. Cara Menumbuhkan Kemampuan Menulis (Writing)

  1. Menulis Ulang Kalimat Berbahasa Inggris

Anda bisa berlatih menumbuhkan kemampuan menulis dengan cara menulis ulang kalimat yang berbahasa Inggris. Anda bisa menemukan banyak kosa kata di mana-mana namun terkadang ada yang tidak bisa menghafalnya jika tidak ditulis, jadi jika Anda memiliki masalah dalam daya ingat lebih baik untuk menulis dan terus menulis agar selalu ingat dan lancar menulis kalimat yang berbahasa Inggris.

  1. Menulis Dialog sederhana dengan Bahasa Inggris

Anda bisa membayangkan suatu percakapan antara Anda dengan orang lain, lalu Anda bisa menulis dialog sederhana antara Anda dan orang tersebut sehingga akan biasa menulis tulisan yang berbahasa Inggris. Apalagi jika ada yang mendampingi yaitu orang yang pandai berbahasa Inggris.

Tulislah sesederhana mungkin dan buat yang nyaman diungkapkan saja agar mudah diingat, namun juga jangan menutup kemungkinan untuk tetap belajar mengenai kosa kata-kosa kata Bahasa Inggris dengan baik dan Benar

  1. Menulis Cerita Sederhana

Selanjutnya untuk mengasah kemampuan Anda dalam menulis juga bisa dengan menulis cerita sederhana seperti cerita Anda sehari-hari seperti diary akan tetapi dengan menggunakan bahasa Inggris sehingga Anda bisa terlatih dalam menuliskan aksen yang mungkin saja terlihat asing dalam benak bukan ?

Anda bisa menuliskan juga cerita legenda dengan menggunakan cara berbahasa yang Anda gunakan saat ini. Anda bisa menuliskannya secara sederhana saja, lalu baca sendiri dan cari apakah masih kurang Anda dalam menulis cerita tersebut.

  1. Menulis Caption, status, dan lain-lain di Media Sosial dengan Bahasa Inggris

Anda juga bisa belajar menulis dengan menggunakan bahasa Inggris yaitu dengan cara menulis caption di Instagram, Status di Facebook, atau tweet di Twitter maka Anda akan terbiasa dan akan mudah memahaminya, biasanya jika salah Anda akan diingatkan oleh banyak orang. Hal ini jangan membuat Anda malu akan tetapi gunakan sebagai motivasi untuk bangkit dan jadikan semua komen yang Anda dapatkan sebagai kritik yang membangun.

Apalagi jika Anda bisa membuat para pengikut Anda maklum dengan Anda yang masih belajar berbahasa Inggris dan pastinya akan membuat para pemula juga saling mengikuti Anda dan saling berbagi ilmu dalam penggunaan Bahasa Inggris ini.

  1. Menulis beberapa Kosa kata berbahasa Inggris sebagai catatan agar tetap ingat

Seperti yang sudah dijelaskan tadi bahwa kita harus menulis dan terus menulis agar tangan kita terbiasa dalam penulisan berbahasa Inggris ini. Anda bisa mencatatnya atau juga menambahkan jam untuk membacanya setiap waktu jadi Anda akan lebih mudah menulis dengan aman dan nyaman.

Pemahaman Membaca (Riding)

Untuk membuat Anda mampu melakukan pemahaman bacaan berbahasa Inggris memang perlu kemampuan yang baik. Siapkan diri Anda untuk selalu membaca dan membaca agar kemampuan Anda dalam membaca semakin bagus. Berikut adalah beberapa bacaan yang bisa Anda beli di mana-mana bahkan secara gratis :

  1. Baca Buku Bacaan Dongeng Berbahasa Inggris Anak-anak

Untuk pertama-tama Anda bisa membaca-baca buku cerita anak yang berbahasa Inggris karena biasanya buku tersebut menggunakan kalimat yang lebih mudah dipahami sehingga Anda pun juga akan lebih mudah mendapatkan kosakata baru dengan baik dan benar.

Tidak perlu malu untuk belajar menggunakan buku akan-anak karena memang masih pemula sehingga masih sangat cocok untuk diberikan edukasi yang masih dasar terlebih dahulu dan selanjutnya bisa langsung mempelajari yang tingkatnya lebih sulit.

  1. Baca Artikel Berbahasa Inggris tentang Pengetahuan

Anda juga bisa membaca artikel berbahasa Inggris yang memiliki topik berupa pengetahuan yang mana bisa Anda gunakan untuk menambah kosa kata sekaligus sebagai penambah pengetahuan. Di Google banyak sekali artikel berbahasa Inggris yang bisa Anda gunakan sebagai acuan untuk membaca bacaan yang berbahasa Inggris dengan baik dan benar.

  1. Baca Surat Kabar Berbahasa Inggris

Anda juga bisa melatih kemampuan membaca dengan menggunakan surat kabar yang memiliki banyak kosakata yang baru akan tetapi masih umum jadi akan lebih mudah di pahami. Dengan sering membaca maka lidah Anda akan terbiasa dengan perkataan atau kalimat-kalimat yang digunakan dalam berkomunikasi menggunakan Bahasa Inggris yang sangat penting/

  1. Baca Buku Novel Berbahasa Inggris

Jika Anda sudah banyak mendapatkan kosa kata baru, Anda bisa memakai untuk membaca buku novel. Mengapa buku novel ? bukannya malah sulit. Hal ini bisa dilakukan jika Anda telah mendapatkan banyak kosa kata sehingga tidak perlu mahir dahulu. Dengan mengerti sedikit banyak  kosa kata yang ada maka Anda pasti bisa menerjemahkan sedikit demi sedikit. Dan yang paling utama adalah novel ini memiliki jalan cerita sehingga Anda akan lebih mudah memahaminya bisa dengan mengaitkan dengan berbagai kosa kata atau kalimat yang ada.

  1. Menggunakan Pengaturan Bahasa Inggris di Ponsel

Anda bisa membaca bahasa Inggris setiap waktu setiap jam, setiap menit, bahkan sampai setiap detik dengan cara mengubah pengaturan ponsel Anda menjadi berbahasa Inggris sehingga Anda bisa menambah kosa kata baru.

Anda juga bisa mengubah pengaturan keyboard Anda dengan menggunakan bahasa Inggris  dan menggunakan autocorrect agar saat Anda menulis menggunakan bahasa Inggris bisa langsung dibetulkan jika ada kesalahan.

  1. Mengikuti Artis Luar Negeri yang Selalu Menggunakan Bahasa Inggris di Sosial Media

Anda juga bisa mengikuti artis-artis luar negeri yang menggunakan bahasa Inggris sehingga Anda bisa dengan mudah membaca setiap saat dan jangan lupa untuk mencari artinya agar tidak lupa arti dari kalimat tersebut. Anda bisa mengasah bahasa Inggris sehari-hari dengan melihat dan membaca mereka yang sedang menggunakan bahasa Inggris.

Pemahaman dalam Mendengarkan (Listening)

  1. Mendengarkan Lagu Berbahasa Inggris

Anda bisa mendapatkan pemahaman mendengarkan dengan baik apabila Anda mendengarkan lagu. Penggunaan lagu ini sangat efektif untuk melatih telinga kita, mulut kita, dan juga tangan kita terbiasa dengan ungkapan Bahasa Inggris. Anda mungkin tidak akan mendapatkan bahasa Inggris yang baik akan tetapi bisa mendapatkan Bahasa Inggris yang sedang tren atau banyak digunakan oleh banyak orang di sana. Jadi, Anda tidak –perlu terfokus pada grammar jika Anda fokus ke dunia selain pendidikan, lebih penting bagaimana cara Anda berkomunikasi/

  1. Mendengarkan Percakapan Berbahasa Inggris

Dengan sering mendengarkan percakapan dalam Bahasa Inggris Anda bisa terbiasa mendengarkannya. Anda bisa mendapatkan berbagai percakapan dalam bahasa Inggris ini dengan mendownload mp3 atau juga bisa mendengarkan di Youtube yang banyak menyediakan berbagai fasilitas bagi Anda yang ingin secara otodidak dalam belajar Bahasa Inggris

  1. Mendengar Berita Berbahasa Inggris

Anda bisa mendengar berita yang berbahasa Inggris untuk menambah kemampuan Anda dalam mendengarkan kalimat-kalimat yang Berbahasa Inggris. Biasanya dengan mendengarkan Berita yang berbahasa Inggris ini kita bisa lebih banyak kosa kata yang bagus karena mereka menggunakan kosa kata yang formal jadi bisa lebih baik untuk dipelajari bagi para pemula. Gunakan headset atau earphone agar bisa lebih jernih suaranya dan bisa terdengar dengan baik dan bisa menambah kemampuan Anda dalam berbahasa Inggris.

  1. Mendengarkan Dialog dalam Film atau Drama Berbahasa Inggris

Film juga menjadi salah satu tempat yang menjadi sarana yang paling mendukung Anda untuk bisa berbahasa Inggris dengan baik. Anda bisa menonton film kartun atau film yang lain. Namun, memang dalam pengucapannya akan sangat cepat sehingga bisa menyusahkan Anda, akan tetapi dengan seringnya mendengarkan dialog dalam film atau drama yang berbahasa inggris tentunya akan menambah kemampuan mendengar lebih baik dan lebih hati-hati.

Anda bisa menghilangkan terjemahan atau subtitle nya terlebih dahulu sehingga Anda bisa dengan mudah memahami dialog dalam film tanpa terkecoh dengan tulisan terjemahan yang ada jadi bisa lebih maksimal dalam belajar.

Pemahaman Berbicara (Speaking)

Setelah memahami berbagai cara untuk mahir menggunakan Bahasa Inggris dengan cara menulis, membaca, dan mendengarkan yang tak kalah pentingnya yaitu juga belajar berbicara. Banyak orang yang kurang mampu berbicara dalam bahasa Inggris walaupun dalam bisa menulis, membaca dan mendengarkan mendapatkan nilai yang selalu bagus. Hak ini biasanya dipengaruhi oleh tingkat kepercayaan diri seseorang dalam berbicara. Berikut adalah cara untuk meningkatkan kemampuan speaking sendiri dimanapun Anda berada :

  1. Lakukan Apa yang Anda Bisa di Rumah

Jangan pernah merasa malu terhadap kemampuan berbahasa Inggris Anda apalagi hanya berada di rumah. Anda bisa tingkatkan kemampuan berbahasa Inggris Anda dengan baik di rumah, katakan saja apa yang ingin Anda katakan dan jangan pernah memperhatikan grammar. Akan tetapi jika Anda bisa itu akan lebih bagus,. Tetapi sebagai pemula, Anda tidak perlu ngoyo untuk bisa menggunakannya,

Anda bisa mengajak anggota keluarga lainnya untuk mau belajar bahasa Inggris bersama-sama dan bisa saling mengingatkan satu sama lain sehingga kemampuan Anda akan selalu terasah dari hari ke hari. Kepercayaan diri Anda juga pasti akan sangat baik karena sudah berlatih setiap hari bahkan dengan dukungan keluarga Anda.

  1. Ajak Keluarga atau Teman Berbahasa Inggris dalam Waktu Tertentu

Jika tadi kita sudah membahas untuk mengajak keluarga dalam menggunakan bahasa Inggris maka selanjutnya Anda bisa menentukan waktu yang wajib menggunakan bahasa Inggris dan harus dipatuhi terhadap para anggota keluarga, Anda bisa menentukan waktu pagi, siang, sore, malam atau kapan pun Anda mau untuk bisa meluangkan waktu sejenak untuk bisa melakukan percakapan dalam Bahasa Inggris. Agar lidah kita juga semakin terbiasa dengan logat Bahasa Inggris.

  1. Buat Area Berbahasa Inggris

Jika Anda tidak bisa melakukan hal yang di atas, hal selanjutnya yang bisa Anda gunakan untuk mengasah kemampuan berbicara dengan menggunakan bahasa Inggris adalah dengan membuat area khusus berbahasa Inggris. Anda bisa membuat area yang vital sebagai area yang bernasib Bahasa Inggris sehingga bisa menjadi area yang belajar yang baik bagi Anda dan keluarga.

Hal ini bisa dilaksanakan di mana saja bukan hanya di rumah, Anda juga bisa menerapkannya di sekolahan, di kos-kos an, di perpustakaan, dan lain sebagainya. Jadi dengan seperti ini semua anggota dalam kelompok sudah pasti selalu menggunakan bahasa Inggris mau tidak mau, tahu efek positifnya lidah bisa terbiasa dengan logat bahasa Inggris.

  1. Coba Berbicara Berbahasa Inggris di Kamar

Anda bisa mencoba berbicara dengan bahasa Inggris di kamar, Anda bisa membaca catatan demi catatan yang Anda buat dan membacanya dengan baik dengan pengucapan yang benar sehingga bisa membiasakan lidah Anda dalam berbicara dalam Bahasa Inggris. Anda juga bisa mengucapkan apa saja, kalimat apa saja yang menurut Anda, Anda bisa mengucapkannya, jangan takut salah karena jika Anda berada di Kamar tidak akan ada yang menyalahkan kecuali diri Anda sendiri.

  1. Coba Berpidato dengan Bahasa Inggris

Anda bisa mencari teks pidato yang berbahasa Inggris di internet, bisa Anda baca terlebih dahulu dan bisa Anda pahami maksudnya. Setelah itu, Anda bisa mencoba berpidato dengan menggunakan bahasa Inggris, latihan lah dahulu di rumah agar bisa lebih siap. Kalau bisa jangan menghafalkan teks karena akan merusak pandangan Anda, pahami dan gunakan kosakata yang Anda punyai saat itu dan tidak perlu minder atau takut. Bilang kepada audience bahwa Anda masih belajar agar mereka maklum dan jangan tutup kritik dan saran mereka terhadap pidato Anda.

  1. Coba Menyanyikan Lagu Berbahasa Inggris

Selanjutnya yang paling asyik dan paling menyenangkan dalam belajar bahasa Inggris adalah dengan menyanyikan lagu yang berbahasa Inggris, Anda bisa mencari liriknya terlebih dahulu dan Anda bisa juga memahami maksud dari lirik tersebut. Jika sudah maka selanjutnya adalah menyanyikannya dengan lantang dan benar. Anda bisa menghafalkan liriknya namun juga sesuaikan dengan artinya agar Anda tidak hanya hafal saja akan tetapi bisa mengetahui artinya agar Anda bisa menambah kosa kata yang baru.

Cara Menumbuhkan Kemampuan Bahasa Inggris dengan Baik dan Benar

  1. Niat ingin Belajar Berbahasa Inggris

Cara yang pertama dan paling utama dalam belajar bahasa Inggris adalah dengan adanya niat yang tulus dan semangat untuk menuntut ilmu sehingga Anda bisa belajar bahasa Inggris dengan baik dan benar. Niat akan sangat mempengaruhi tingkat kemudahan dalam belajar manusia karena dengan niat maka otak akan mempersiapkan diri pula untuk mempelajari pelajaran Bahasa Inggris dengan baik dan benar.

Berbeda dengan tidak ada niat namun dipaksa, hasilnya akan sangat buruk, Anda bisa saja mendapatkan ilmu yang banyak namun tidak bisa masuk di dalam otak sehingga harus lebih kuat lagi belajarnya. Itu pun jika ingat biasanya dalam waktu tertentu akan cepat lupa karena memang ruangan otak Anda belum bisa menerima pelajaran yang berbahasa Inggris.

  1. Tidak Pernah Menyerah dalam Belajar Bahasa Inggris

Selain niat yang besar, Anda juga tidak boleh menyerah, Anda harus semangat bagaimanapun sulitnya belajar Bahasa Inggris. Biasanya banyak yang menyerah di tengah jalan karena saking pusingnya, apalagi jika sudah sampai pada Bab Grammar banyak yang mengundurkan diri dan merasa tidak mampu lagi. Padahal untuk bisa mendapatkan ilmu yang banyak, Anda tidak boleh langsung menyerah begitu saja, menguasai Bahasa Inggris perlu jam terbang yang tinggi dan juga pengalaman yang sangat amat banyak. Jadi, Anda harus bersabar agar bisa terus belajar Bahasa Inggris dengan baik.

  1. Tidak Malu jika Salah Berbahasa Inggris

Tidak malu atau bahasa lainnya adalah percaya diri. Banyak orang yang tidak berani mengungkapkan kebiasaannya dalam berbahasa Inggris sehingga akan mematikan diri sendiri yang tidak bisa berkembang. Oleh karena itu, Anda harus menyingkirkan rasa malu tersebut jauh-jauh agar Anda bisa berbahasa dengan baik dan lancar.

Gunakan setiap hari dan tidak perlu malu. Anda bisa mencampurnya dalam bahasa Indonesia atau bahasa lokal Anda asal selanjutnya bisa dicari di kamus sehingga Anda tidak ketinggalan dalam kosa kata Bahasa Inggris.

  1. Mencari Orang yang Pandai dalam Bahasa Inggris Agar Bisa Membetulkan Bahasa Inggris Anda

Beruntung sekali jika Anda memiliki orang yang pandai dalam bahasa Inggris karena bisa dengan mudah Anda meminta koreksi kepada mereka dan memintanya untuk membimbing Anda. Namun, perlu diingat untuk tidak sering-sering meminta bantuan karena Anda tidak sedang les atau belajar dalam forum yang formal. Batasi agar mereka juga bisa bekerja atau mengurusi kesibukannya. Jangan egois tetapi juga harus tetap semangat dalam menjalankan pembelajaran Bahasa Inggris.

  1. Ikut Les Bahasa Inggris agar Lebih Pandai

Untuk semakin meningkatkan kemampuan Anda dalam Bahasa Inggris maka Anda juga bisa melakukan les khusus bahasa Inggris agar Anda bisa lebih pandai dalam menggunakan Bahasa Inggris. Dengan les Bahasa Inggris, maka Anda bisa mendapatkan penanganan oleh para profesional yang ada di bidangnya jadi bisa mendapatkan pengajaran yang baik dan sesuai.

Dengan menggunakan kursus Bahasa Inggris maka Anda akan mendapatkan pengajaran yang sesuai dan bertahap dan tidak sembarangan jadi sangat cocok untuk belajar Bahasa Inggris untuk pemula. Namun les juga harus diikuti dengan latihan setiap hari agar kemampuan Anda tidak hanya sekadar teori saja.

KampungInggris.Net Selamat datang di KampungInggris.Net, Mau belajar bahasa inggris dengan Mudah dan Menyenangkan.? Pelajari semua materi kami ya..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *