KampungInggris.Net Selamat datang di KampungInggris.Net, Mau belajar bahasa inggris dengan Mudah dan Menyenangkan.? Pelajari semua materi kami ya..

Dasar Belajar Bahasa Inggris Untuk Pemula

10 min read

Belajar mengenai apapun, akan lebih baik jika dimulai dari dasar. Termasuk untuk kamu yang ingin belajar Bahasa Inggris, disarankan untuk belajar Bahasa Inggris dasar terlebih dahulu. Dengan mempelajari dasar-dasar Bahasa Inggris terlebih dahulu, akan lebih mudah bagi kamu untuk mengerti kalimat-kalimat yang lebih kompleks atau lebih rumit.

Tidak sulit untuk belajar Bahasa Inggris dari nol. Bahkan, kamu bisa mendapatkan keuntungan jika belajar bahasa asing ini dari dasar. Kamu akan bisa menggunakan tata bahasa yang baik dan benar, pengucapan yang baik dan benar, dan masih banyak lagi.

Dasar-dasar dalam Bahasa Inggris yang perlu kamu pelajari di antara lain adalah bentuk kata dasar, cara pengucapan atau pelafalan, memahami kalimat-kalimat dasar, dan juga cara penulisan. Jika kamu sudah mempelajari dan menguasai dasar-dasar tersebut, akan lebih mudah bagi kamu untuk mempelajari materi-materi selanjutnya yang lebih kompleks. Di bawah ini adalah penjelasan lebih dalam mengenai dasar-dasar dalam Bahasa Inggris yang seharusnya kamu pelajari.

BELAJAR BENTUK KATA ATAU TENSES

Bentuk kata atau Tenses adalah hal paling mendasar sekaligus paling penting untuk memulai belajar Bahasa Inggris. Tenses merupakan bentuk kata kerja yang menunjukkan waktu terjadinya suatu kejadian. Waktu yang ditunjukkan adalah masa lampau atau masa lalu (past), sekarang atau saat ini (present), serta masa depan (future).

Dengan melihat tenses atau bentuk kata kerja yang digunakan, kamu bisa mengetahui kapan peristiwa tersebut terjadi, entah sudah terjadi di masa lampau, sedang terjadi sekarang, atau akan terjadi di masa depan.

Karena mempelajari dan memahami tenses adalah hal paling dasar dalam belajar Bahasa Inggris, jangan heran jika kamu selalu menemukan materi ini di halaman pertama website atau buku belajar Bahasa Inggris. Jika kamu sudah memahami dan menguasai tenses Bahasa Inggris yang ada, bisa dikatakan kamu sudah 60% menguasai bahasa asing ini. Berikut adalah beberapa contoh tenses.

Simple Present Tense

I eat an apple right now. (Saya makan sebuah apel sekarang.)

Kata kerja ‘eat’ adalah kata kerja bentuk pertama yang digunakan untuk simple present tense, yang menunjukkan bahwa peristiwa tersebut terjadi pada masa sekarang.

  • Simple Past Tense

I ate an apple yesterday. (Saya makan sebuah apel kemarin.)

Kata kerja ‘ate’ adalah kata kerja bentuk kedua dari kata kerja bentuk pertama yaitu ‘eat’. Kata kerja bentuk kedua selalu digunakan untuk simple past tense, yang menunjukkan bahwa peristiwa tersebut terjadi di masa lampau.

  • Simple Future Tense

I will eat an apple tomorrow. (Saya akan makan sebuah apel besok.)

Untuk simple future tense, kamu hanya perlu menambahkan kata ‘will’ sebelum kata kerja bentuk pertama. Karena kata ‘will’ yang berarti ‘akan’ adalah ciri dari simple future tense.

Itu tadi adalah beberapa contoh tenses dalam Bahasa Inggris. Simple tense adalah grammar atau tata bahasa yang paling mudah dan paling sederhana. Diketahui ada total 16 tenses Bahasa Inggris.

Listening Atau Mendengarkan

belajar bahasa inggris dasarDasar Bahasa Inggris selanjutnya yang harus dipelajari adalah listening atau mendengarkan. Listening adalah hal yang sangat penting untuk bisa memahami pengucapan atau pelafalan kosakata dalam Bahasa Inggris. Sehingga kedepannya kamu diharapkan bisa mengucapkan kosakata Bahasa Inggris dengan baik dan benar. Kemampuan listening dilatih tentu dengan cara mendengarkan kosakata-kosakata dalam Bahasa Inggris. Jika kamu membiasakan diri mendengarkan kosakata Bahasa Inggris atau percakapan dalam Bahasa Inggris, kamu juga akan terbiasa dengan istilah-istilah yang digunakan dalam Bahasa Inggris. Tidak menutup kemungkinan kamu juga akan paham jika berbicara dengan native atau penutur asli Bahasa Inggris.

Jadi, untuk melatih dan mengasah kemampuan listening kamu, disarankan untuk sering-sering mendengarkan kata-kata Bahasa Inggris. Kamu bisa melakukannya dengan cara yang menyenangkan, seperti mendengarkan lagu Bahasa Inggris atau menonton film barat. Cari tahu arti dari lirik lagu Bahasa Inggris yang kamu dengarkan. Dengan begini, kamu juga bisa menambah kosakata Bahasa Inggrismu dan tahu bagaimana cara penulisannya.

Reading Atau Membaca

Jika kamu sudah jago dalam hal listening, dasar Bahasa Inggris selanjutnya yang harus kamu pelajari adalah reading atau membaca. Latih dan asah kemampuan reading kamu dengan membaca teks yang menggunakan Bahasa Inggris. Kamu bisa membaca koran, cerita pendek, atau bahkan novel berbahasa Inggris. Dengan membaca, kamu akan lebih terbiasa dengan struktur kata yang terbentuk dalam Bahasa Inggris. Dengan membaca pula, kamu bisa memperbanyak kosakata Bahasa Inggrismu.

Jadi, usahakan untuk selalu meluangkan waktu untuk membaca teks Bahasa Inggris. Jika kamu merasa membaca artikel, koran, atau novel berbahasa Inggris masih terlalu sulit, kamu bisa membaca buku cerita anak-anak. Buku cerita anak cenderung menggunakan struktur dan kosakata Bahasa Inggris yang sederhana. Sehingga, akan lebih mudah bagi kamu untuk memahaminya. Jika kamu ingin melatih kemampuan membacamu dengan cara yang menyenangkan, kamu bisa membaca subtitle dari film barat yang kamu tonton, atau mencari lirik lagu Bahasa Inggris favoritmu.

Writing Atau Menulis

Selanjutnya adalah writing atau menulis yang harus kamu pelajari setelah berhasil menguasai listening dan reading. Walaupun terdengar sepele, bisa menulis kata Bahasa Inggris dengan baik dan benar adalah hal yang penting. Karena dengan menulis dalam Bahasa Inggris, kamu bisa mengetahui seberapa jauh kamu menguasai bahasa asing tersebut. Kamu bisa mengetahui sejauh mana kamu mahir dalam menguasai tata bahasa serta kosakata Bahasa Inggris. Kamu juga bisa mengetahui kekurangan dan kelemahanmu yang harus diperbaiki.

Pada intinya, menulis bisa menjadi penerapan dari 3 dasar Bahasa Inggris yang sudah disebutkan sebelumnya. Setelah memahami tenses, mendengarkan percakapan dalam Bahasa Inggris, dan membaca bacaan berbahasa Inggris, selanjutnya kamu bisa mempraktekkannya ke dalam tulisan. Lalu, bagaimana melatih dan mengasah kemampuan menulismu dalam Bahasa Inggris? Coba saja untuk menulis diary dalam Bahasa Inggris. Ceritakan keseluruhan harimu dan aktifitas apa saja yang kamu lakukan pada hari itu dalam Bahasa Inggris. Kalau kamu membiasakan diri melakukan hal ini, skill menulismu akan jadi semakin jago.

Speaking Atau Berbicara

Bisa dikatakan speaking atau berbicara dalam Bahasa Inggris adalah dasar Bahasa Inggris terakhir yang harus dipelajari. Banyak orang yang takut berbicara Bahasa Inggris karena takut salah. Namun, takut salah adalah hambatan terbesar bagi seseorang untuk sukses menguasai sesuatu, termasuk menguasai Bahasa Inggris. Padahal, dengan membuat kesalahan akan membantumu belajar lebih dalam dan lebih banyak lagi. Dengan membuat kesalahan, kamu akan tahu mana yang benar dan cara memperbaiki kesalahan tersebut.

Sering-seringlah berlatih berbicara Bahasa Inggris di depan kaca. Atau, kamu bisa mengulangi quotes-quotes atau dialog film favoritmu. Sering-seringlah menyanyikan lagu-lagu berbahasa Inggris. Hal ini akan melatih pelafalan atau pengucapanmu. Namun, kamu tidak perlu terdengar seperti bule asli saat berbicara Bahasa Inggris. Yang terpenting adalah pengucapan kosakata Bahasa Inggris yang baik dan benar.

Istilah-Istilah Grammar yang Perlu Kamu Tahu

Untuk kamu yang baru pertama kali belajar Bahasa Inggris, kamu mungkin kewalahan dalam memahami istilah-istilah grammar seperti noun, verb, adjective, dan sebagainya. Padahal, istilah-istilah tersebut mempunyai peran yang penting untuk meningkatkan kemampuanmu dalam belajar Bahasa Inggris, terutama dalam hal speaking dan writing. Karena itulah hal ini termasuk dalam belajar Bahasa Inggris dasar. Berikut adalah penjelasan dari istilah-istilah grammar yang perlu kamu tahu.

  • Parts of Speech

Sebenarnya, Bahasa Inggris memiliki 8 parts of speech. Namun, hanya 3 yang sering digunakan dan harus selalu diingat. Yang pertama adalah Noun atau kata benda. Setiap benda, objek, dan nama orang termasuk dalam Noun atau kata benda. Seperti pensil, tas, ilmuwan, dan sebagainya. Yang kedua adalah adjective atau kata sifat. Adjective adalah kata yang memberikan keterangan dan informasi tambahan terhadap suatu benda atau objek. Seperti manis, lembut, kasar, jauh, dan lain-lain. Setelah itu ada verb atau kata kerja yang menyatakan tindakan. Seperti makan, minum, menulis, bersepeda, dan sebagainya.

  • Verb Forms

Verb forms adalah bentuk kata kerja. Terdapat 3 bentuk dasar kata kerja dalam Bahasa Inggris. Yaitu base form atau kata kerja dasar, past form atau kata kerja bentuk kedua, dan past participle yaitu kata kerja bentuk ketiga. Base form atau kata kerja dasar adalah kata kerja bentuk pertama. Contohnya seperti eat, drink, write, dan lain sebagainya. Kata kerja dasar ini biasanya mengikuti kata ‘to’. Seperti contohnya, I want to eat an apple. Kata kerja bentuk pertama ini juga selalu digunakan setelah modals; can, shall, will, must, could, should, would, and must.

Sedangkan past form atau kata kerja bentuk kedua digunakan untuk menunjukkan bahwa peristiwa terjadi di masa lampau. Kata kerja bentuk kedua ini ada yang beraturan ada yang tidak beraturan. Kata kerja bentuk kedua yang beraturan hanya ada penambahan –ed atau –d, seperti watched, ended, walked, dan lain-lain. Sedangkan bentuk yang tidak beraturan akan menjadi berbeda, seperti eat menjadi ate, see menjadi saw, swim menjadi swam, dan lain sebagainya.

Sedangkan past participle atau kata kerja bentuk ketiga digunakan untuk kalimat dengan tenses yang lebih kompleks. Past participle ini digunakan untuk perfect tense. Contohnya, I have eaten an apple. Pasti participle juga digunakan untuk kalimat pasif. Contohnya, she was taken to the hospital, yang artinya dia dibawa ke rumah sakit.

  • To Be

To be dalam Bahasa Inggris terdiri dari 3 bentuk yang berbeda, yaitu am, is, dan are. To be ‘am’ hanya digunakan untuk I (saya). To be ‘is’ digunakan untuk singular noun atau benda tunggal (he, she, it, one apple, a book, dan lain-lain). Sedangkan to be ‘are’ digunakan untuk plural noun atau benda jamak (they, we, you, two apples, 3 books, dan lain-lain).

To be digunakan untuk menjelaskan keadaan atau kondisi suatu benda atau objek. Contohnya, she is sad, the apple is sweet, dan sebagainya. To be juga bisa diikuti dengan kata kerja berakhiran –ing yang menunjukkan peristiwa tersebut sedang terjadi. Contohnya, I am writing a letter, yang artinya saya sedang menulis surat. Namun, jangan menggabungkan to be dengan kata kerja dasar. Seperti, she is swim.

Cara Mudah Mempelajari Tenses

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, total ada 16 tenses dalam Bahasa Inggris. Tidak hanya simple tense, namun ada juga continuous tense dan juga perfect tense. Perlu diketahui bahwa dalam tenses Bahasa Inggris selalu ada penunjuk waktu sebuah peristiwa terjadi, yaitu present atau masa sekarang, past atau masa lampau, dan future atau masa depan. Lalu, bagaimana cara menghafal dan memahami tenses sebanyak itu? Berikut adalah cara mudah dan cerdas untuk memahami 16 tenses dalam Bahasa Inggris.

  • Present Continuous Tense

Contoh    : Subyek + To Be + Verb-ing + Obyek

    I am writing a letter

    Saya sedang menulis surat

  • Past Continous Tense

Contoh    : Subyek + was/were + Verb-ing + Obyek

    She was visiting her friend

    Dia sedang mengunjungi temannya (pada masa lampau)

  • Future Continous Tense

Contoh    : Subyek + Will Be + Verb-ing + Obyek

    He will be swimming at a pool

    Dia akan sedang berenang di kolam renang

Seperti yang bisa kalian lihat, karakteristik dari continuous tense adalah penggunaan verb-ing atau kata kerja dengan penambahan –ing. Yang membedakan hanyalah to be yang digunakan. Continuous tense digunakan untuk menunjukkan bahwa peristiwa yang disebut sedang terjadi.

  • Present Perfect Tense

Contoh    : Subyek + Have/Has + Verb 3 + Obyek

    They have eaten the apple

    Mereka sudah memakan apelnya

  • Past Perfect Tense

Contoh     : Subyek + Had + Verb 3 + Obyek

    She had told me about the news

    Dia sudah memberitahuku tentang beritanya

  • Future Perfect Tense

Contoh    : Subyek + Will Have + Verb 3 + Obyek

    He will have finished the job at 3

    Dia akan sudah menyelesaikan pekerjaannya pada jam 3

Untuk perfect tense, karakteristiknya adalah penggunaan verb 3 atau kata kerja bentuk ketiga. Perfect tense digunakan untuk menunjukkan bahwa peristiwa yang disebutkan sudah terjadi. Entah sudah terjadi di masa lampau, sudah terjadi pada masa sekarang atau baru saja, atau akan terjadi di masa depan.

  • Simple Present Tense

Contoh    : Subyek + Verb 1 + Obyek

    She eats an apple

    Dia makan sebuah apel

  • Simple Past Tense

Contoh    : Subyek + Verb 2 + Obyek

    He sat down on the chair

    Dia duduk di kursi

  • Simple Future Tense

Contoh    : Subyek + Will + Verb 1 + Obyek

    They will come to my house

    Mereka akan datang ke rumahku

Simple tense adalah tenses yang paling sederhana. Namun, verb atau kata kerja yang digunakan berbeda untuk setiap bentuknya. Untuk simple present tense menggunakan kata kerja bentuk pertama, simple past tense menggunakan kata kerja bentuk kedua, dan simple future tense hanya ada penambahan kata ‘will’ yang diikuti oleh kata kerja bentuk pertama.

Tips Belajar Bahasa Inggris Dasar

Setelah mengetahui dasar-dasar dalam mempelajari Bahasa Inggris, kamu bisa mengikuti tips-tips di bawah ini agar proses belajar Bahasa Inggrismu menyenangkan dan tidak membosankan.

  • Tonton Film Tanpa Subtitle

Untuk kamu yang hobi nonton film, kamu juga bisa belajar Bahasa Inggris dengan menonton film. Jika sebelumnya kamu selalu menggunakan subtitle saat menonton film berbahasa Inggris, cobalah untuk menghilangkan atau tidak menggunakan subtitle. Dengan begini, kemampuan listeningmu akan semakin terlatih dan terasah. Kemampuanmu untuk menerjemahkan dan menginterpretasikan dialog dalam film juga akan meningkat. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan banyak kosakata baru. Jika ada kata yang kamu tidak tahu artinya, pause filmnya, dan cari arti dari kata tersebut.

  • Buat Kamusmu Sendiri

Jika kamu sedang mendengarkan lagu berbahasa Inggris atau menonton film berbahasa Inggris, dan ada kata yang kamu tidak mengerti, buatlah kamusmu sendiri. Cari definisi atau arti dari kata yang tidak kamu mengerti dan tulislah dalam note kecil atau buku kecil sehingga mudah dibawa kemana-mana. Atau, kamu juga bisa menulisnya di smartphonemu. Dengan begini, kosakata Bahasa Inggrismu akan semakin bertambah.

  • Mendengarkan Lagu

Salah satu cara termudah dan paling menyenangkan untuk belajar Bahasa Inggris adalah dengan mendengarkan lagu berbahasa Inggris. Selain menonton film, mendengarkan lagu berbahasa Inggris juga ampuh untuk melatih dan mengasah kemampuan listeningmu serta menambah kosakata baru dalam kamusmu. Lagu-lagu berbahasa Inggris banyak yang menggunakan slang words atau bahasa gaul. Sehingga, kamu juga bisa tahu dan mengerti bahasa gaul yang digunakan dalam Bahasa Inggris. Banyak sekali manfaatnya, kan?

  • Jangan Takut Berbicara Bahasa Inggris

Jika kamu ingin bisa fasih berbicara Bahasa Inggris dengan cepat, jangan takut dan jangan ragu untuk langsung berbicara Bahasa Inggris. Di era digital ini, ada banyak sekali social media dan platform lainnya yang bisa menghubungkan kamu dengan orang-orang yang berasal dari negara lain. Kamu bisa berteman dengan orang-orang yang asli berbicara Bahasa Inggris dan cobalah untuk mengobrol dengan mereka menggunakan bahasa asing tersebut. Jangan takut dan jangan malu membuat kesalahan. Jika mereka mengatakan kalau mereka tidak mengerti maksudmu atau kamu salah dalam berbicara, kamu hanya harus meminta maaf dan jelaskan kalau kamu sedang berusaha menguasai Bahasa Inggris. Ya, kan? Namun, jika hal ini menurutmu terlalu ekstrim, kamu bisa menyelipkan kata-kata Bahasa Inggris dalam percakapanmu sehari-hari.

  • Membaca Buku

Kamu yang gemar membaca buku juga bisa memperdalam kemampuan Bahasa Inggrismu dari hobimu ini. Jika sebelumnya kamu lebih sering membaca novel Bahasa Indonesia, beranikan dirimu untuk membaca novel Bahasa Inggris sekarang. Kalau sulit bagimu untuk menemukan novel berbahasa Inggris di tempat tinggalmu, kamu bisa mengunduh novel online yang ada di internet. Kemampuan membacamu akan meningkat dan kosakata Bahasa Inggris baru dalam kamusmu juga akan bertambah.

  • Aplikasi Belajar Bahasa Inggris

Di era teknologi dan digital ini, bisa dikatakan hampir semua orang mempunyai smartphone. Gunakan smartphonemu untuk hal yang bermanfaat dan berguna, salah satunya belajar Bahasa Inggris melalui aplikasi belajar Bahasa Inggris. Terdapat aplikasi yang gratis, ada pula yang berbayar. Kebanyakan aplikasi belajar Bahasa Inggris tersebut menggunakan animasi, video, dan cara-cara yang apik. Sehingga, belajar Bahasa Inggris pun menjadi lebih menyenangkan. Kamu tidak akan kesulitan untuk memahami materi yang diberikan.

  • Bergabung dengan Komunitas Bahasa Inggris

Ikutlah komunitas Bahasa Inggris untuk mendukung pembelajaran dan pemahaman Bahasa Inggrismu. Belajar bersama-sama tentu lebih menyenangkan daripada belajar seorang diri. Dengan bergabung dengan komunitas Bahasa Inggris, kamu bisa mendapatkan lawan bicara untuk melatih kemampuan speakingmu. Kamu juga bisa mengoreksi satu sama lain jika membuat kesalahan. Tidak hanya mendapatkan teman baru, kamu juga bisa mendapatkan dan berbagi ilmu dengan anggota komunitas lainnya. Jadi, cari tahu komunitas Bahasa Inggris di sekolahmu atau di daerah tempat tinggalmu dan bergabunglah dengan mereka.

  • Bepergian ke Negara Berbahasa Inggris

Siapa yang tidak suka traveling? Sebagian orang suka bepergian ke tempat yang baru untuk mendapatkan pengalaman dan ilmu baru. Untuk kamu yang ingin menguasai Bahasa Inggris, kamu bisa traveling ke negara yang menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa sehari-hari. Seperti Kanada, Amerika, Australia, dan lain sebagainya. Dengan begini, kamu bisa berbicara langsung dengan native speaker, mendengarkan langsung pengucapan Bahasa Inggris bahkan dengan aksen tertentu, dan masih banyak lagi. Kemampuan berbicara dan mendengarmu akan terlatih dan terasah lagi. Ini dikarenakan kamu terbiasa mendengarkan dan berbicara dalam Bahasa Inggris.

Atau, kamu bisa mendaftarkan diri untuk beasiswa sekolah ke luar negeri. Dengan bersekolah di luar negeri, kamu tidak hanya bisa membiasakan diri berbicara dan mendengarkan Bahasa Inggris, tapi kamu juga akan belajar mandiri dan belajar tentang budaya yang berbeda.

  • Perbanyak Kosakata Bahasa Inggris

Kenapa menambah dan memperbanyak kosakata Bahasa Inggris sangat penting? Karena jika kamu punya banyak kosakata Bahasa Inggris, akan lebih mudah bagi kamu untuk berbicara Bahasa Inggris. Kamu juga bisa dengan lebih mudah memahami percakapan Bahasa Inggris. Selain itu, kamu juga bisa menemukan dan menggunakan kata yang tepat dalam berbicara dan menulis dalam Bahasa Inggris. Karena itulah kamu sangat disarankan untuk menambah kosakata Bahasa Inggrismu sebanyak mungkin dengan berbagai cara.

  • Mengikuti Kursus Bahasa Inggris

Untuk kamu yang ingin secara serius belajar dan memperdalam Bahasa Inggris, kamu bisa mempertimbangkan untuk mengikuti kursus Bahasa Inggris. Terlebih lagi jika kamu sudah menerapkan tips-tips yang sudah disebutkan di atas, namun belum puas dengan hasilnya. Ada banyak sekali tempat kursus belajar Bahasa Inggris di lembaga pendidikan non-formal di luar sana. Bahkan ada kampung khusus kursus Bahasa Inggris, seperti yang ada di Kediri. Biasanya, sebelum masuk ke kelas kursus Bahasa Inggris, akan ada beberapa tes yang harus kamu lalui. Hal ini bertujuan agar lembaga kursus tersebut mengetahui kelemahan Bahasa Inggrismu ada di bagian mana. Sehingga mereka bisa menempatkanmu di kelas yang tepat

Selain itu, kamu juga bisa belajar Bahasa Inggris lebih teratur dan lebih terjadwal jika mengikuti kursus khusus Bahasa Inggris.

  • Praktekkan Secara Rutin

Seperti belajar sepeda, belajar Bahasa Inggris akan lebih baik jika dipraktekkan secara rutin sehingga kamu lebih cepat mahir dalam menguasainya. Jadi, jangan pernah putus asa untuk belajar terus menerus. Kalau perlu, buatlah jadwal belajar. Buatlah jadwal kapan kamu harus belajar listening, reading, writing, dan lainnya. Dengan begini, seluruh skill Bahasa Inggrismu akan terus terlatih dan terasah.

Itu tadi adalah segala hal yang berkaitan dengan belajar Bahasa Inggris. Belajar bahasa asing, termasuk Bahasa Inggris, tidak akan sulit selama kamu punya motivasi yang kuat. Cobalah untuk menyukai bahasa yang kamu pelajari sehingga proses belajar akan jadi menyenangkan. Gunakan cara-cara yang menyenangkan untuk mempelajari bahasa internasional ini. Kamu bisa mengikuti cara-cara yang sudah disebutkan di atas. Apakah kamu sudah siap untuk belajar Bahasa Inggris dasar?

KampungInggris.Net Selamat datang di KampungInggris.Net, Mau belajar bahasa inggris dengan Mudah dan Menyenangkan.? Pelajari semua materi kami ya..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *