KampungInggris.Net Selamat datang di KampungInggris.Net, Mau belajar bahasa inggris dengan Mudah dan Menyenangkan.? Pelajari semua materi kami ya..

Idiomatic Expression [Ekspresi Ungkapan]

5 min read

Idiomatic Expression

Dalam mempelajari bahasa Inggris, ada banyak elemen yang harus dipelajari, misalnya mulai dari mempelajari mengenai grammar dan struktur kalimat, lalu mempelajari mengenai speaking, lalu listening, hingga writing. Nah, salah satu bahasan yang juga kerap dipelajari dalam bahasa inggris adalah Idiomatic Expression.

Jika membahas mengenai materi bahasa inggris  tentang Idiomatic Expression, maka penjelasan yang dilakukan harus secara urut. Mulai dari membahas apakah yang dimaksudkan dengan idiom, lalu bagaimana bentuk penggunaan idiom tersebut, hingga membahas juga alasan-alasan mengapa penting untuk belajar mengenai Idiomatic Expression itu sendiri.

Dan tak lupa juga membahas mengenai beberapa jenis contoh idiom, yang biasanya ditemukan dalam percakapan bahasa Inggris. Berikut ini adalah penjelasan tersebut.

Apa Itu Idiomatic Expression?

Idiomatic Expression dalam bahasa inggris dimaknai sebagai sebuah kiasan, perumpamaan, pengandaian, yang bisa diwujudkan dalam kata, kalimat atau frase, yang termasuk dalam tatanan kata benda, yang memiliki arti yang berbeda, dari arti awalnya.

Dan kalaupun kata-katanya dipecah dan dipisah, maka artinya akan berubah lagi. Misalnya jika dalam bahasa Indonesia kita kerap mendengar apa yang disebut sebagai bagai menegakkan benang basah. Jika dilihat dari artinya, maka tidak akan bisa jika diartikan secara makna literal.

Dan jika diartikan dengan memecah kata-katanya, maka sama juga, artinya tak bisa diketahui. Makna dari ekspresi tersebut adalah bagai melakukan hal yang sia-sia, karena tidak mungkin bisa menegakkan benang basah. Nah, inilah juga yang terjadi dalam bahasan Idiomatic Expression populer.

Satu ekspresi tersebut harus diartikan dan dimaknai secara khusus, dan tak bisa dimaknai berdasarkan makna asli dari tiap kata pembentuknya. Dalam membahas Idiomatic Expression bahasa inggris, ada banyak tema yang biasanya digunakan. Mulai dari tema social, lalu ada tema Negara, lalu ada juga yang membahas mengenai nominal, dan lain-lain.

Misalnya saja kita kerap mendengar mengenai kalimat yang berbunyi Spill the tea. Jika diartikan secara literalnya, maka tidak mungkin dimaknai dengan mengeluarkan teh. Namun jika dimaknai dengan pemaknaan yang utuh, maka harusnya arti dari Idiomatic Expression bahasa inggris spill the tea adalah membocorkan cerita atau memberikan informasi yang sebenarnya bersifat rahasia.

Kapan Idiomatic Expression Digunakan?

Idiomatic Expression bahasa inggris

Banyak yang menanyakan mengenai kapan sebenarnya idiom atau ekspresi dalam bahasa Inggris ini digunakan? Apakah ada waktu tertentunya? Ataukah ada keadaan khususnya? Jawabannya adalah tidak ada.

Penggunaan Idiomatic Expression sebenarnya bisa digunakan kapan saja, dan dimana saja. Penggunaan Idiomatic Expression sebenarnya tidak memiliki persyaratan atau ketentuan waktu-waktu tertentu.

Namun intinya adalah bahwa penggunaan Idiomatic Expression ini harus didasarkan pada ketepatan penggunaannya yang sesuai dengan situasi terkait. Sebelum kamu menggunakan Idiomatic Expression bahasa inggris, kamu harus memahami tentang kesesuaian makna yang ada, sehingga kamu tidak salah kamar, dalam menggunakan idiom.

Jangan sampai penggunaan idiom yang kamu lakukan, malah tidak pas, dan akhirnya membuat komunikasi yang kamu lakukan berakhir tidak nyambung.

Alasan Mempelajari Idiomatic Expression 

Ada beberapa alasan, yang sebenarnya menjadi motivasi dalam mempelajari tentang Idiomatic Expression bahasa inggris, antara lain :

Meningkatkan Kemampuan

Jika berbicara mengenai belajar Idiomatic Expression, maka jangan langsung berharap untuk menghafal seluruh jenis idiom yang ada. Penggunaan bahasa Inggris pada native speaker, sama dengan penggunaan bahasa Indonesia pada kita di keseharian. Bayangkan saja, setiap hari dan setiap musimnya, pasti ada perubahan kalimat, penambahan kata-kata, perubahan tren bahasa. Nah, bayangkan ada berapa banyak kata yang berubah ataupun ditambahkan dalam waktu satu tahun saja? Inilah yang terjadi pada Idiomatic Expression bahasa inggris juga. Jika ingin menghafalnya, maka akan sangat banyak sekali penambahan jenis idiom tiap waktunya. Karena salah satu cara terbaik untuk mengenalnya adalah dengan terus memperbaharui materi pembelajaran bahasa inggris yang dimiliki.

Nah, inilah yang kemudian menyebabkan mengapa mempelajari Idiomatic Expression bahasa inggris dan artinya ini sangat mendukung perkembangan bahasa inggrismu, karena dengan mengetahui makna dari tiap-tiap idiom, sangat membantumu meningkatkan pemahaman mengenai konteks kalimat, percakapan, tren, dan keadaan sosial dimana idiom tersebut digunakan. Ini berarti kamu juga secara kontinyu mempelajari bahasa Inggris, untuk mengikuti perubahan dan penambahan bahasa yang kemudian hadir.

Menunjang Sosialisasi

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, Idiomatic Expression bahasa inggris juga sama seperti kalimat atau kata-kata ungkapan yang kita gunakan pada bahasa Indonesia. Menggunakan kata-kata idiom ini membuat proses sosialisasi dan komunikasi yang dilakukan menjadi lebih baik. Mengapa? Karena kita bisa memahami konteks bahasan saat itu. Komunikasi yang dibangun juga akan jadi lebih menyenangkan, karena baik kita dan orang lain bisa memilih menggunakan bahasa-bahasa yang tepat untuk mengekspresikan dan mengungkapkan apa saja yang ingin kita sampaikan. Karena itulah memahami Idiomatic Expression bahasa inggris dapat menjadi penunjang yang baik dalam proses social kita sehari-hari.

Bayangkan saja jika temanmu tengah ngobrol, dengan menggunakan idiom a dime in a dozen, yang berarti bahwa kejadian atau hal tersebut merupakan sesuatu yang biasa-biasa saja. Jika kamu tak memahami maknanya, maka kamu akan kebingungan, apa yang dimaksudkan dengan a dime in a dozen ya? Ujung-ujungnya kamu akan bengong dan tak bisa menjawab percakapan yang dilakukan.

Memperbaiki Ekspresi

Kegunaan dari sebuah Idiomatic Expression bahasa inggris memang sebagai sebuah sarana ekspresi, yang menjelaskan situasi, yang biasanya tak bisa diungkapkan dengan kalimat-kalimat umum. Nah, sama juga perannya ketika membahas mengenai alasan mengapa kita harus mempelajarinya. Bayangkan ketika kamu sedang bergosip, dan kamu tengah terlibat percakapan seru. Kamu ingin membujuk kawanmu untuk menceritakan kisah atau berita tertentu. Namun kamu bingung apa yang harus disampaikan. Jika saat itu kamu tak familiar dengan idiom, maka kamu tak  akan tahu bagaimana cara menggunakan ekspresi spill the tea! Atau spill the bean!

Menjadi Seorang Native

Bahasa inggris memang bukanlah bahasa ibu bagi orang Indonesia. Dalam artian, ia bukanlah bahasa utama yang kita gunakan sejak kecil, sehingga memang wajar sekali jika orang Indonesia tidak terdengar seperti native speaker dalam penggunaan bahasa Inggris. Namun ada banyak cara untuk mendekatkan kemampuan bahasa inggrismu menjadi seperti native speaker, salah satunya adalah melalui penggunaan dan pemahaman idiom. Penggunaan idiom biasanya mencerminkan seseorang yang sudah mengenal betul meda selama berkomunikasi menggunakan bahasa inggris. Menempatkan idiom pada waktu dan percakapan yang tepat bukanlah perkara yang mudah. Karena jika salah memilih idiom, maka akan terlihat sekali amatirnya dalam menggunakan bahasa Inggris. Menjadi amatir ini tentu saja bukanlah hal yang masalah, karena memang seperti yang dijelaskan tadi, wajar sekali jika masyarakat Indonesia tidak menguasai bahasa Inggris, layaknya bahasa ibu sendiri. Namun bagi sebagian orang yang ingin memiliki kemampuan berbicara layaknya seorang native speaker, menjadi terdengar amatir pastilah sesuatu yang tidak diinginkan. Karena itu biasanya mereka yang ingin terdengar native, pasti membekali diri dengan penguasaan idiom, agar terlihat seperti berbicara dengan penduduk asli.

Tabungan wawasan dan perbendaharaan kata

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa penggunaan Idiomatic Expression bahasa inggris yang sering digunakan bukan hanya terfokus pada diksi yang ada, melainkan konteks dan pemaknaannya. Karena itu dengan mempelajari mengenai idiom ini, sebenarnya kamu juga sembari mempelajari diksi dan memperluas wawasanmu tentang lingkungan dan perkembangan tren yang ada. Karena itulah mempelajari mengenai idiom, tak bisa dilakukan dengan sendiri-sendiri, terpisah dari konteks idiom tersebut digunakan, melainkan harus dipelajari sepaket dengan penggunaannya, sehingga makna yang dipahami bisa lebih dalam dan jelas.

Misalnya saja menggunakan idiom get out of a hand. Jika tidak mengerti mengenai konteks idiom ini, maka kamu akan kebingungan, apa maksudnya dengan get out of a hand? Bahkan jika diartikan satu-per satu, apa maknanya melepaskan tangan? Nah, namun jika dilihat lagi dari konteks penggunaannya maka bisa dipahami ekspresi idiom ini mengartikan bahwa kamu kehilangan kendali, atau kamu tidak berdaya, dan bisa juga kamu tidak memiliki kemampuan atas sesuatu atau sebuah kejadian. Jika kamu tak memahami benar bagaimana idiom ini digunakan, pada konteks-konteks tertentu, kamu pasti kebingungan sendiri, pada akhirnya.

Cara Terbaik Belajar Idiomatic Expression

Ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk mulai mempelajari idiom dalam bahasa Inggris. Yang pertama adalah dengan cara mencatat dahulu jenis-jenis idiom yang ada. Catatlah beserta makna yang ada bersamanya. Setelah kamu mulai mencatat idiom dan pemaknaannya, barulah kamu mencoba untuk mencari contoh penggunaan Idiomatic Expression bahasa inggris ini melalui beberapa jenis media. Yang pertama adalah melalui media novel atau buku cerita. Biasanya idiom juga kerap digunakan pada penarasian tokoh yang ada dalam cerita, dan juga pendeskripsian situasi dan setting di dalamnya. Dari sini kamu sekaligus bisa mengetahui konteks yang berbeda-beda dalam setiap setting. Penggunaan dialog dalam novel juga terkadang berbeda, dengan apa yang ada di film.

Lalu media yang selanjutnya, kamu bisa menggunakan film. Dari sini kamu bisa mendapatkan informasi mengenai penulisan idiom, pengucapannya, sekaligus konteks yang ada ketika idiom itu digunakan. Dalam film memang belajar jadi lebih terbantu karena adanya audio dan visual, sehingga bukan hanya mendengarkan bagaimana pronounciation atau pengucapannya saja, melainkan kamu juga sekaligus bisa membaca dan membayangkan situasi di sekeliling percakapan tersebut. Media yang ketiga adalah mendengarkan lagu. Biasanya lirik yang ada dalam lagu, penggunaannya berbeda dengan lirik ataupun dialog yang ada dalam film, pun dalam novel. Biasanya bahasa lagu dengan syairnya menjadi berbeda, dengan penyampaian yang sifatnya tidak literal. Namun media ini sangat cocok untuk digunakan, untuk menambah perbendaharaan diksi dan konteks yang ada terkait dengan penggunaan idiom tersebut.

Nah itulah beberapa bahasan terkait dengan Idiomatic Expression bahasa inggris. Baik terkait dengan bagaimana penggunaannya, lalu kapan saja harusnya digunakan, bagaimana contoh-contohnya, hingga tips-tips untuk mempelajarinya. Jangan lupa, belajar bahasa Inggris bukanlah sesuatu yang instan ya, kamu harus melakukannya dengan tekun dan kontinyu.

 

KampungInggris.Net Selamat datang di KampungInggris.Net, Mau belajar bahasa inggris dengan Mudah dan Menyenangkan.? Pelajari semua materi kami ya..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *