KampungInggris.Net Selamat datang di KampungInggris.Net, Mau belajar bahasa inggris dengan Mudah dan Menyenangkan.? Pelajari semua materi kami ya..

Contoh Writing

5 min read

Contoh Writing

Untuk belajar menulis dalam bahasa Inggris, maka salah satu hal yang paling memudahkan adalah dengan mencari contoh writing bahasa Inggris yang benar. Bagi anda yang ingin tahu apa saja tips menulis bahasa Inggris dengan benar, berikut ini adalah beberapa contohnya.

 

Pastikan subject-verb Agreement 

Hal pertama yang perlu diperhatikan ketika akan menulis sebuah dalam bahasa Inggris adalah hubungan antara subjek dan kata kerja atau verb. Subjek dan verb adalah dua hal yang saling berkaitan satu sama lainnya. Hal ini menyebabkan mereka harus sama-sama seusai. Contohnya ketika anda akan menggunakan subjek tunggal, maka verb yang digunakan juga harus tunggal dan sebaliknya.

Contoh subject-verb agreement:

  • She were here last night 

Dalam contoh di atas subjek yang digunakan dalam kalimat adalah “she” dan verb yang digunakan adalah “were”. Kalimat ini salah karena she adalah kata ganti orang yang tinggal sehingga penggunaan “were” adalah salah. Berikut ini adalah penggunaan subject-verb agreement yang benar

  • She was here last night

Pastikan penggunaan pola dasar kalimat 

Ketika anda akan menulis kalimat pastikan anda menggunakan pola kalimat yang benar. Baik di dalam bahasa inggris maupun di dalam bahasa Indonesia, setiap kalimat harus memiliki pola kalimat minimal yaitu subjek dan juga predikat. Jika sebuah kalimat tidak memiliki salah satunya, maka kalimat yang ditulis tentu akan menjadi kalimat yang salah secara gramatikal. Untuk mengetahui bagaimana kalimat yang benar dan kalimat yang salah dari segi pola kalimatnya, berikut ini adalah ulasannya.

Contoh penggunaan pola kalimat :

  • Linda and her sister snuck home late that night. Then waited for their punishment

Pada dua kalimat di atas, kalimat pertama yaitu “Linda and her sister snuck home late that night” merupakan kalimat yang benar berdasarkan polanya karena memiliki subjek dan juga verb. Sedangkan pada kalimat kedua, kalimat ini tidak memiliki subjek. Hal inilah yang menyebabkan kalimat tersebut menjadi salah. Untuk membenarkannya, maka digunakan tanda “,” dibandingkan dengan tanda titik seperti berikut ini.

  • Linda and her sister snuck home late that night, then waited for their punishment

Memastikan penggunaan tanda baca yang benar untuk memisahkan fragmen kalimat 

Tanda baca juga merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam sebuah kalimat bahasa Inggris. Salah satu jenis tanda baca yang sering salah ketika penulisan Bahasa Inggris adalah tanda baca koma yang harus diberikan pada elemen yang sedang diperkenalkan dalam kalimat tersebut. Contohnya seperti berikut ini.

  • Because Linda and her sister snuck home late that night they waited for their punishment

Contoh di atas merupakan contoh kalimat yang salah. Hal ini disebabkan karena fragmen kalimat “Because Linda and her sister snuck home late that night” adalah sebuah fragmen yang berbeda dengan fragmen kalimat “they waited for their punishment”. Untuk memisahkan keduanya, anda harusnya menggunakan tanda koma “,” di antaranya. Berikut ini adalah contoh kalimat yang benar :

  • Because Linda and her sister snuck home late that night, they waited for their punishment

Bedakan penggunaan kata “its” dan “it’s” dengan tepat

Salah satu hal lain yang perlu anda ketahui untuk menulis dalam Bahasa Inggris dengan baik adalah dengan mengetahui perbedaan antara “its” dan “it’s”. Meskipun memiliki komponen huruf yang sama, keduanya memiliki arti yang berbeda. Kata “its” merupakan sebuah kata ganti subjek yang berupa binatang sedangkan kata “it’s” adalah singkatan dari kata “it is”. Untuk mengetahui perbedaan penggunaannya berikut ini adalah contohnya.

Contoh penggunaan “its” sebagai kata ganti subjek

  • Contoh salah : “the cat was chasing it’s toy”
  • Contoh benar : “the cat was chasing its toy”

Contoh penggunaan “it’s” sebagai singkatan dari “it is”

  • Contoh salah : “He couldn’t believe its finally over”
  • Contoh benar: “He couldn’t believe it’s (it is) finally over”

Gunakan tanda koma “,”untuk memisahkan komponen kalimat 

Hal selanjutnya yang perlu diperhatikan ketika akan membuat sebuah kalimat adalah memperhatikan apakah kalimat yang akan dibuat merupakan kalimat yang terdiri dari komponen. Ketika menulis kalimat dengan menggunakan komponen, maka tanda koma “,” merupakan tanda yang wajib untuk digunakan. Berikut ini adalah contoh penggunaan tanda koma “,” untuk dalam memisahkan komponen kalimat.

  • You are smart and you are beautiful and you are precious

Pada kalimat di atas, sesungguhnya ada 3 fragmen kalimat yang dibangun menjadi 1 kalimat. Oleh karena itu, kalimat di atas adalah kalimat yang salah. Untuk membetulkan kalimat di atas, maka digunakan tanda koma “,” seperti contoh berikut ini :

  • You are smart, and you are beautiful, and you are precious

Letakkan modifier dengan tepat 

Pada sebuah kalimat, modifier adalah salah satu hal yang penting untuk digunakan. Modifier ini bisa berupa kata, frasa atau bahkan klausa. Modifier ini adalah sebuah alat untuk memberikan penjelasan mengenai sebuah objek dalam sebuah kalimat. Ketika anda menggunakan modifier dengan posisi yang salah, maka makna kalimat dapat berubah.

Contoh penggunaan modifier yang salah :

  • After school finished, Linda jumped into a black fancy car 

Frase “a black fancy car” di atas merupakan sebuah modifier yang ditulis dengan cara yang salah. Penulisan frase seperti ini membuat aturan penulisan modifier menjadi salah. Berikut ini adalah penulisan modifier yang benar untuk kalimat di atas

  • After school finished, Linda jumped into a fancy black car 

Gunakan pronoun dengan tepat 

Pronoun atau kata ganti merupakan salah satu hal yang penting penggunaannya dalam sebuah tulisan Bahasa Inggris. Pronoun dapat digunakan untuk mengganti banyak kata seperti orang, tempat ataupun benda. Sebuah penggunaan referensi pronoun yang tidak tepat bisa menyebabkan pembaca merasa bingung dengan kalimat yang dibaca. Contoh writing bahasa Inggris dalam penulisan pronoun yang tidak tepat adalah :

  • When Linda finally met Siska, she was so happy

Dalam kalimat di atas, kita tidak tahu, apakah yang merasa bahagia adalah Linda atau Siska bukan? Hal ini disebabkan karena penulisan dari pronoun dilakukan dengan tepat. Oleh karena itu, untuk membetulkan kalimat di atas fragmen kalimat di atas harus diubah dengan cara berikut ini :

  • Linda was so Happy when she finally met Siska.

Gunakan vocabulary yang tepat dalam menulis

Vocabularu atau kosa kata harus di pelajari dengan baik. Ada banyak sekali kosakata yang ada dalam Bahasa Inggris. Masing-masing memiliki arti yang berbeda. Akan tetapi ada beberapa kata yang mirip dan serig kali keliru. Penulisan dari kosa kata yang tepat ini sangat penting karena dapat membuat pembaca merasa bingung, salah mengerti atau bahkan tidak mengerti sama sekali jika kosa kata yang anda gunakan salah dalam penulisannya. Contohnya adalah :

  • John excepted Linda’s offer to work with her

Pada kalimat di atas, tujuan penulisannya adalah untuk memberikan informasi bahwa Jhon menerima tawaran dari Linda untuk bekerja padanya. Akan tetapi karena terjadi kesalahan penulisan, maka kalimat di atas menjadi tidak bermakna. Penulisan kalimat yang benar untuk contoh di atas adalah :

  • Jhon accepted Linda’s offer to work with her

Untuk meningkatkan pengetahuan mengenai kosa kata, tidak ada cara lain selain anda terus belajar guna memperbanyak kosa kata dan juga terus berlatih menulis agar penulisan kosa kata ini juga tidak salah. Bagi anda yang baru belajar Bahasa Inggris pasti anda sering melakukan kesalahan penulisan baik kecil maupun besar seperti contoh di atas bukan? Oleh karena itu, terus perbanyak pengetahuan anda ya!

Hindari run on sentence

Apa itu run on sentence? Run on sentence adalah sebuah kalimat yang berlari. Kalimat seperti ini sering terjadi jika anda menggabungkan dua kalimat utama secara langsung tanpa menggunakan punctuation atau kata sambung. Contohnya adalah seperti berikut ini.

  • She speak silently her mother heard her

Kalimat di atas merupakan kalimat yang kurang tepat dan terkesan tidak jelas karena tidak ada kata sambung yang digunakan. Kalimat benarnya adalah :

  • She speak silently, but her mother heard her

Penggunaan koma yang berlebihan 

Pada beberapa sub bab yang sudah disebutkan sebelumnya, bisa disebutkan bahwa penggunaan tanda koma “,” merupakan salah satu hal yang sangat penting untuk dilakukan. Akan tetapi penggunaan tanda koma “,” ini tetap tidak boleh dilakukan secara berlebihan. Hal ini disebabkan karena penggunaan tanda koma “,” yang berlebihan bisa menyebabkan kalimat menjadi kurang efektif. Ada banyak sekali contoh dari penggunaan tanda koma “,” yang berlebihan dan tidak penting, salah satu contohnya adalah penggunaan tanda koma sebelum kata “because” atau kata “or” seperti contoh di bawah ini

  • She never left her house during coronavirus outbreak, because she is afraid of infection.
  • Linda wants to get a degree in Physics, or Chemical engineering.

Pada kedua contoh di atas merupakan contoh yang salah. Seharusnya kata sambung di atas tidak perlu diawali dengan tanda koma “,”. Jadi contoh yang benar adalah :

  • She never left her house during the coronavirus outbreak because she is afraid of infection.
  • Linda wants to get a degree in Physics or Chemical engineering.

Penggunaan struktur paralel 

Struktur paralel adalah salah satu hal yang sangat penting untuk diperhatikan ketika akan membuat tulisan dalam Bahasa Inggris. Salah satu kesalahan yang sering dilakukan ketika menulis struktur paralel terjadi ketika dalam sebuah kalimat ada list yang memiliki persamaan dalam arti tapi memiliki bobot yang berbeda dalam penulisan atau grammar-nya. Berikut ini adalah contoh dari penulisan struktur paralel yang salah :

  • She wanted to learn about programming, biochemist, and research scientist

Secara arti, ketiga subyek yang disebutkan di atas memang benar, akan tetapi jika dilihat secara gramatikal, maka kalimat di atas merupakan kalimat yang salah. Contoh writing bahasa inggris benar untuk kalimat di atas adalah :

  • She wanted to learn about programming, biochemistry, and research science.
KampungInggris.Net Selamat datang di KampungInggris.Net, Mau belajar bahasa inggris dengan Mudah dan Menyenangkan.? Pelajari semua materi kami ya..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *