KampungInggris.Net Selamat datang di KampungInggris.Net, Mau belajar bahasa inggris dengan Mudah dan Menyenangkan.? Pelajari semua materi kami ya..

Listening [Mendengarkan]

5 min read

Belajar Bahasa Inggris Listening, apakah sulit? Ada 4 macam skill yang harus dipelajari dalam belajar bahasa asing, khususnya Bahasa Inggris dan listening adalah salah satunya. Diantara semua skill yang ada, banyak yang berpendapat bahwa listening adalah yang paling sulit untuk dipelajari.

Hal ini masuk akal sebenarnya, khususnya bagi orang-orang Indonesia. Karena kita tidak terbiasa untuk mendengar dan berbicara dalam Bahasa Inggris, maka akan lebih sulit untuk memahami teks dalam soal-soal listening.

Listening Comprehension

Listening, secara harafiah berarti menyimak. Jadi, secara umum, kegiatan pembelajaran bahasa yang satu ini tidak hanya sekedar mendengarkan orang bercakap-cakap dalam Bahasa Inggris. Lebih dari itu, kamu juga diharuskan untuk memahami topik dan ide-ide yang sedang dibicarakan.

Nah, mempelajari skill yang satu ini jelas amatlah penting. Dalam berkomunikasi secara lisan, memang kamu diwajibkan untuk memahami terlebih dahulu apa yang dikatakan oleh lawan bicara. Dengan demikian, kamu bisa meresponnya dengan baik dan benar.

Kebanyakan, orang belajar Bahasa Inggris dimulai dengan mempelajari kemampuan reading (membaca), kemudian dilanjutkan dengan menulis (writing), baru setelah itu listening dan speaking (berbicara). Ternyata, urutan ini sebenarnya tidak terlalu tepat.

Seperti halnya kemampuan komunikasi manusia secara alami, kamu sebaiknya belajar listening terlebih dahulu. Setelah mampu mendengarkan dan menyimak dengan baik, kamu bisa menirukan dan berbicara (speaking). Lalu, baru diteruskan dengan mempelajari komunikasi tertulis yaitu reading dan writing.

Pentingkah Belajar listening ?

Mempelajari listening dalam Bahasa Inggris tidak hanya penting, namun sangat krusial. Seperti yang sudah dijelaskan diatas, bagaimana kamu bisa berbicara dan berkomunikasi dengan lancar jika kamu tidak bisa mendengar dan memahami dengan baik?

Khususnya jika kamu ingin memiliki masa depan yang lebih baik dengan kemampuan Bahasa Inggris yang baik pula, maka mau tidak mau, kamu harus belajar listening dengan baik untuk kemudian dipraktekkan dalam kehidupan sehari-hari.

Kesulitan Belajar Listening

Skill yang satu ini dianggap paling sulit untuk dipelajari. Apalagi, jika kamu perhatikan, berbagai macam tes dan ujian dengan kemampuan listening sebagai salah satu segmen juga cenderung dibatasi oleh waktu. Percakapan dalam rekaman seringkali hanya diulang dua kali atau bahkan tidak diulang sama sekali.

Jadi, sekali kamu sudah melewatkan percakapan tersebut beserta poin-poin pentingnya, sudah pasti kamu tidak akan bisa menjawab pertanyaan. Selain itu, ada beberapa jenis kesulitan lain yang sering dialami oleh para siswa saat belajar ataupun mengikuti ujian listening.

Yang pertama, percakapan atau kata-kata yang diucapkan dianggap terlalu cepat. Sebenarnya, hal ini adalah persepsi yang keliru. Percakapan dilakukan dengan intonasi dan kecepatan yang wajar sebagaimana orang biasanya bercakap-cakap dalam kehidupan sehari-hari. Nah, jika kemampuan listeningmu memang masih rendah, hal ini masuk akal untuk tidak bisa terlalu jelas mendengarkannya. Namun, jangan menyerah, yang kamu butuhkan hanyalah lebih banyak latihan.

Kesulitan yang kedua adalah kata-kata yang tidak terlalu jelas. Nah, hal ini juga sebenarnya masuk akal. Bahasa Inggris memiliki perbedaan pengucapan atau pronunciation dengan Bahasa Indonesia. Misalnya, para English speaker cenderung mengucapkan bunyi “r” dengan tidak jelas. Hal ini berbeda dengan orang-orang Indonesia yang bisa mengucapkan bunyi yang sama dengan sangat jelas.

Masalah lainnya adalah berkaitan dengan konsentrasi. Tidak bisa dipungkiri, mendengarkan dan memahami bahasa asing memerlukan tingkat konsentrasi yang cukup tinggi. Apalagi, hal ini jika kamu memang belum terlalu menguasainya. Untuk itu, selain kamu harus mencoba untuk meningkatkan konsentrasi pada saat menyimak, pastikan ruangan yang dipakai juga mendukung kegiatan listening-mu. Peralatan yang digunakan seperti MP3, headset, dan lain sebagainya juga harus berfungsi optimal.

Tips Belajar Listening Comprehension

Lalu, bagaimanakah cara mengatasi berbagai kesulitan tersebut? Yang perlu untuk kamu ketahui sebelumnya adalah bahwa kemampuan menguasai bahasa pada dasarnya berbanding lurus dengan kebiasaan. Semakin sering dan biasa kamu mendengarkan kata-kata atau kalimat-kalimat dalam Bahasa Inggris, maka tingkat penguasaanmu juga akan lebih cepat. Maka, beberapa tips di bawah ini pada dasarnya adalah membiasakanmu berada di dalam “lingkungan” berbahasa Inggris.

  • Membiasakan Diri Mendengarkan Percakapan dalam Bahasa Inggris

Salah satu kunci utama kesuksesan dalam segmen listening adalah dengan banyak-banyak berlatih. Pastikan untuk lebih sering mendengarkan soal-soal listening dan mengerjakannya. Hal ini tidak hanya bagus untuk meningkatkan kemampuan listening secara keseluruhan tapi juga membantumu untuk memahami macam-macam soal yang diberikan. Seperti yang diketahui, ada beberapa jenis soal dalam materi listening. Nah, karena soal-soal listening pada dasarnya tidak bisa diulang berkali-kali, pastikan kamu sudah memahami jenis soal serta bagaimana cara menjawabnya.

Selain mendengarkan soal-soal yang memang ditujukan untuk listening test, tidak ada salahnya untuk mempelajari skill ini dengan cara lain. Misalnya saja mendengarkan lagu-lagu berbahasa Inggris atau menonton film tanpa menggunakan subtitle. Pastikan untuk menyimak dengan baik untuk mengetahui apa yang dibicarakan oleh tokoh-tokoh dalam film tersebut.

Saat ini banyak pula video dari YouTube yang dapat kamu gunakan untuk belajar Bahasa Inggris. Bahkan topik-topik yang dibahas cukup luas, sehingga kamu bisa memilih salah satu topik favoritmu. Tentunya, hal ini tidak hanya bagus sebagai materi listening tapi juga mampu untuk meningkatkan wawasanmu secara keseluruhan.

  • Melatih Konsentrasi Lebih Baik Lagi

Hal ini sudah disebutkan diatas bahwa banyak siswa kesulitan saat listening disebabkan masalah konsentrasi. Jika kamu adalah salah satu dari mereka, pastikan untuk melatih hal ini untuk tidak mengganggu belajarmu. Ada banyak hal yang bisa digunakan untuk melatih konsentrasi. Salah satu contohnya adalah meluangkan waktu untuk latihan meditasi. Bagi kamu yang beragama Islam, cobalah untuk melaksanakan ibadah sholat lebih khusyuk lagi, secara umum hal ini juga baik untuk melatih konsentrasi. Selain itu, pastikan untuk merasa relax dan tenang saat hendak belajar, khususnya pada saat kamu akan belajar bahasa Inggris listening.

  • Memahami Ide yang Disampaikan

Salah satu kesalahan umum saat seseorang belajar listening dalam Bahasa Inggris adalah mencoba untuk mengartikan kata per kata. Khususnya pada saat kamu belajar listening atau bahkan saat mengikuti ujian, hal ini tentunya sangat membuang waktu. Sementara itu, yang paling dibutuhkan sebenarnya adalah kemampuanmu untuk mengambil ide-ide utama dari percakapan. Misalnya saja pada percakapan berikut ini?

M    : It is okay if I turn the computer off?

W    : Well, I’m still not done with my work.

Questions: What does the woman imply?

Dari soal di atas, yang ditanyakan adalah apa maksud dari pernyataan si wanita. Kamu hanya perlu untuk mengartikan percakapan tersebut secara garis besar, tanpa perlu mengartikan kata per kata. Lalu, dari pilihan jawaban, pilihlah jawaban yang paling tepat, yaitu si wanita masih perlu menyelesaikan pekerjaannya sehingga komputer sebaiknya tidak dimatikan terlebih dahulu.

  • Memahami Keseluruhan Konteks

Berangkat dari poin yang sudah disebutkan di atas, dengan kata lain, kamu perlu untuk memahami keseluruhan konteks dari teks yang diberikan pada saat sesi listening. Sayangnya, hal ini akan cukup sulit dilakukan tanpa kamu banyak-banyak berlatih mendengarkan Bahasa Inggris. Nah, pada poin pertama, disebutkan bahwa kamu bisa belajar listening dari mendengarkan lagu atau film dalam Bahasa Inggris, kamu dapat menggunakan metode ini untuk mempelajari konteks secara keseluruhan.

Semisal, ketika kamu mendengarkan lagu dari penyanyi favoritmu, pastikan kamu menyimak dengan baik tanpa harus membaca liriknya. Kamu dapat menyimak secara hati-hati dan pada akhirnya, cobalah kamu menceritakan ulang apa maksud dari lagu tersebut dengan kata-katamu sendiri. Inilah yang dimaksud dengan memahami keseluruhan konteks. Hal yang sama juga bisa dilakukan dengan mendengarkan film atau video pendek di Youtube.

  • Mencatat Kata-Kata Sulit

Hal ini hanya memungkinkan pada saat kamu berlatih listening di rumah, bukan pada saat tes. Ya, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kamu memang sebaiknya memahami keseluruhan konteks dan ide-ide utamanya saja tanpa harus menerjemahkan kata per kata. Namun bagaimana jika kamu memang tidak mengetahui secara keseluruhan apa yang dimaksud dalam teks lisan tersebut?

Salah satu cara yang cukup membantu dalam belajar mendengarkan Bahasa Inggris listening adalah dengan menyimak secara seksama kemudian mencatat kata-kata yang sulit. Bahkan jika kamu tidak tahu sebenarnya kata apakah itu, kamu tetap bisa berusaha mencatatnya dengan menggunakan kata-katamu sendiri. Tentunya, kamu harus mencari terlebih dahulu kata apakah sebenarnya itu sebelum mencari artinya. Memang terdengar sedikit rumit, namun cara ini cukup efektif, khususnya bagi kamu yang masih terhitung pemula dalam dunia listening.

  • Memperbanyak Kosakata dan Mempelajari Grammar

Perlu diketahui bahwa skill-skill dalam Bahasa Inggris saling berkaitan satu sama lain. Ya, kamu mungkin tidak bisa memahami teks dengan baik jika kosakata serta kemampuan grammar terbatas. Jadi sembari meningkatkan kemampuanmu dalam hal listening, pastikan untuk mempelajari skill-skill lain dalam Bahasa Inggris, dalam hal ini adalah kosakata dan grammar. Tentunya, hal ini tidak hanya bermanfaat dalam dunia listening saja tapi juga untuk yang lainnya baik itu speaking, reading, dan writing.

  • Berlatih Speaking atau Berbicara Secara Aktif

Seperti yang sudah disebutkan, listening dan speaking adalah 2 macam skill yang saling berkaitan. Maka, jika kamu hendak meningkatkan kemampuan listeningmu, kamu juga harus banyak berlatih speaking. Sebaliknya, berlatih listening juga sangat dianjurkan untuk peningkatan kemampuan speaking.

Selain itu, ketika kamu belajar speaking, secara langsung kamu juga akan mempelajari pronunciation atau cara pengucapan kata-kata dalam Bahasa Inggris. Nah, hal ini juga sangat membantu ketika kamu berusaha untuk mendengarkan dan memahami apa yang dikatakan orang lain dalam rekaman. Akan lebih baik lagi jika kamu juga berusaha melakukan percakapan dengan temanmu dalam Bahasa Inggris. Dengan menjadi pengguna Bahasa Inggris secara aktif, maka secara otomatis kemampuan mendengarmu juga dapat meningkat dengan pesat.

Penutup

Listening skill sering ditakuti oleh para siswa ketika mengikuti tes atau ujian. Alasannya cukup simpel, listening dirasa cukup sulit untuk dikuasai. Tentunya, sesulit apapun itu, kamu pastinya masih bisa untuk mempelajarinya dengan berbagai macam metode atau cara. Nah, kamu bisa mempraktikkan beberapa tips yang disebutkan diatas untuk bisa mendengarkan atau menyimak teks-teks lisan dalam belajar Bahasa Inggris listening dengan lebih baik lagi.

KampungInggris.Net Selamat datang di KampungInggris.Net, Mau belajar bahasa inggris dengan Mudah dan Menyenangkan.? Pelajari semua materi kami ya..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *