KampungInggris.Net Selamat datang di KampungInggris.Net, Mau belajar bahasa inggris dengan Mudah dan Menyenangkan.? Pelajari semua materi kami ya..

Conversation [Percakapan]

5 min read

Dalam pembelajaran Bahasa Inggris, ada empat kemampuan utama yang harus dipelajari. Kemampuan yang dimaksud adalah listening (mendengarkan), reading (membaca), writing (menulis) dan speaking (berbicara). Keempat kemampuan ini saling berkesinambungan. Pada kesempatan kali ini akan dibahas lebih jauh tentang kemampuan speaking yang dikhusukan pada belajar Bahasa Inggris Conversation.

Mengapa Harus Belajar Bahasa Inggris Conversation?

Bahasa Inggris sudah menjadi bahasa yang banyak diketahui masyarakat luas. Sejak bangku SD, kamu tentu telah mengenal beberapa kosa kata dalam Bahasa Inggris. Banyak yang mengerti penting belajar Bahasa Inggris, tapi tidak sedikit yang menganggap Bahasa inggris tidak penting untuk dipelajari. Bahasa Inggris adalah bahasa internasional yang digunakan oleh banyak orang di seluruh dunia bukan hanya untuk media penulisan di koran, internet dan buku tapi juga untuk percapakan yang dilakukan orang dengan negara yang berbeda. Berikut adalah manfaat yang dapat kamu rasakan jika belajar percakapan Bahasa Inggris.

  1. Berani berbicara di tempat umum

Awalnya untuk belajar speaking memang tantangan utamanya adalah malu, takut salah dan tidak percaya diri. Namun jika belajar percakapan Bahasa Inggris dilakukan terus – menerus, maka ketiga hal tersebut malah akan menjadi kelebihan kamu. Keberanian berbicara di tempat umum baik dalam Bahasa Inggris atau Bahasa Indonesia akan terasah dengan baik. Seiring dengan semakin lancar kamu melakukan percakapan Bahasa Inggris akan semakin percaya diri pula kamu berbicara di depan umum.

  1. Memperluas jaringan

Bayangkan jika kamu hanya bisa bicara dengan Bahasa Indonesia, maka kamu akan terbatasi dengan lingkungan orang – orang yang hanya bisa berbicara Bahasa Indonesia. Namun bayangkan jika kamupun mahir dalam berbicara bahasa Inggris, tentu teman yang kamu ajak berdiskusi bisa dari berbagai negara. Jaringan sosial kamu akan bertambah luas. Banyak hal yang dapat kamu pelajari dari orang yang memiliki kebudayaan yang berbeda dengan budaya Indonesia. Hal tersebut juga membuat kamu menjadi seseorang yang berpikiran lebih terbuka.

  1. Aktif berbicara

Jika sudah mahir dalam melakukan percakapan Bahasa Inggris maka saat nanti ada diskusi, kamu akan dengan cepat berpikir dan menanggapi apa yang dibahas dalam diskusi tersebut. Waktu yang dibutuhkan untuk mempersiapkan diri akan lebih sedikit dibandingkan dengan mereka yang belum mahir berbicara dalam Bahasa Inggris.

  1. Menambah ilmu dan pengetahuan

Bagi kamu yang mahir dalam Bahasa Inggris Conversation tentunya akan lebih banyak berbicara. Ide – ide yang ada di kepala kamu dapat dikeluarkan dengan baik. Lawan bicara tentu saja akan merespon dan akan ada pembicaraan bolak balik yang dapat menambah khasanah baru kamu  memandang suatu masalah atau malah akan mendapat ilmu dan pengetahuan yang kamu belum tahu sebelumnya.

  1. Meningkatkan jenjang karir

Untuk hidup di dunia ini, kamu pasti memerlukan uang, dan uang didapatkan dengan cara bekerja. Banyak orang yang tidak memiliki pekerjaan karena memang tidak mampu atau ahli di bidang tertentu. Dengan belajar berbicara dalam Bahasa Inggris, kamu akan memiliki nilai lebih dibandingkan pencari kerja yang lain. Ruang lingkup pekerjaan juga akan lebih luas, kamu bisa melamar di perusahaan asing yang kadang memberikan gaji lebih tinggi daripada perusahaan lokal. Namun tidak menutup kemungkinan juga kamu bekerja di perusahaan nasional yang bekerja sama dengan perusahaan asing.

  1. Membantu orang lain yang ingin belajar Bahasa Inggris Conversation

Kamu yang telah mahir melakukan Bahasa Inggris Conversation akan banyak dimintai tolong oleh teman, kerabat dan keluarga yang juga ingin belajar melakukan percakapan Bahasa Inggris. Kamu dapat menggunakan ilmu yang kamu dapatkan untuk membantu orang lain yang membutuhkan. Misal saja jika ada teman yang ingin belajar Bahasa Inggris dan dia tidak memiliki biaya untuk datang ke tempat les, maka kamu akan sangat membantu dia agar belajarnya lebih tidak menguras kantong.

Dimana Tempat untuk Belajar Bahasa Inggris Conversation?

Untuk belajar bahasa, hal terpenting yang dibutuhkan adalah niat. Seperti kata pepatah, jika ada niat pasti ada jalan. Tempat dimana kamu bisa belajar percakapan Bahasa Inggris adalah beragam. Jangan hanya berpikir bahwa tempat belajar hanyalah di sekolah. Banyak tempat yang dapat kamu gunakan untuk belajar bahasa. Ingatkah saat kamu masih kecil, kamu tidak pergi sekolah untuk belajar Bahasa Indonesia, kamu mendapatkannya di rumah dengan cara menirukan ayah dan ibumu berbicara. Berikut tempat yang dapat didatangi, digunakan dan dimanfaatkan untuk belajar percakapan Bahasa Inggris.

  1. Sekolah

Sekolah adalah tempat pertama yang wajib kamu kunjungi untuk belajar. Di sekolah mulai dari tingkat dasar, kamu sudah diajarkan berbahasa Inggris. Levelnya mungkin belum sampai tahap percakapan, namun kamu sudah dapat mengetahui kosa kata sehari – hari dalam Bahasa Inggris.

  1. Tempat les khsusus Bahasa Inggris Conversation

Tempat les yang dimaksud disini bukan tempat les yang mengajari kamu Bahasa Inggris agar mendapat nilai bagus di sekolah, namun tempat les yang memang dikhususkan untuk belajar Bahasa Inggris. Salah satu tempat yang dapat digunakan untuk tujuan tersebut adalah Kampung Inggris Pare. Di sana banyak ditemukan jenis – jenis paket yang dapat kamu ambil guna tujuan spesifik, misalnya saja jika kamu lebih ingin fokus pada meningkatkan kemampuan percakapan Bahasa Inggris, maka ambillah paket belajar yang relevan.

  1. Internet

Di jaman yang sudah modern ini, tidak ada salahnya belajar percakapan Bahasa Inggris dari internet. Media yang digunakan bisa jadi modul online, kelas Bahasa Inggris Conversation online, social media, ataupun dari video – video di Youtube.

Bagaimana Cara Belajar Bahasa Inggris Conversation?

Cara utama yang dapat dilakukan agar dapat mahir dalam percakapan Bahasa Inggris adalah dengan membiasakan diri berbicara dalam Bahasa Inggris. Sangat penting untuk menghilangkan rasa malu berbicara dalam Bahasa Inggris di depan orang. Jangan pernah takut salah dalam mengucapkan kata – kata Bahasa Inggris ataupun takut orang lain mengolok – olok karena itu. Jika kamu sudah memiliki niat untuk bisa dalam percakapan Bahasa Inggris maka hilangkanlah hal – hal tersebut. Fokuslah pada apa yang kamu inginkan. Berikut cara yang dapat ditempuh untuk Bahasa Inggris Conversation.

  1. Memperkenalkan diri dalam Bahasa Inggris

Hal yang paling mudah untuk dikatakan kepada orang lain adalah tentang diri kita. Oleh karenanya tahap awal memulai percakapan Bahasa Inggris adalah dengan memperkenalkan data diri atau biodata kita kepada orang lain. Kosa kata yang digunakan untuk memperkenalkan diri juga tidak sulit, hanya beberapa kosa kata dasar yang menggunakan bentuk simple present tense. Ingat lagi, jangan takut salah dan malu. Dengan kamu berhasil memperkenalkan diri kepada orang lain dalam Bahasa Inggris maka kamu sudah selangkah di depan. Memulai sesuatu yang baru itu tidak mudah, memang benar. Namun jika kita sudah memulainya, maka ke depannya kemungkinan besar akan berjalan lebih lancar.

  1. Melakukan presentasi di kelas

Jika dalam mata pelajaran Bahasa Inggris, gurumu menyuruh untuk melakukan presentasi di kelas, maka inilah kesempatan emas kamu dapat mengasah kemampuan speaking kamu. Untuk bisa melakukan Bahasa Inggris Conversation dengan baik, kamu harus memulai dengan berbicara. Jika berbicara dalam presentasi di kelas, kamu pasti akan merencanakan dulu semua yang ingin dibicarakan nanti. Dengan begini artinya kamu dapat mempersiapkan diri dulu dan berlatih dengan semaksimal mungkin agar nanti dapat berbicara dengan baik dan lancar. Dalam melakukan presentasi di kelas, penting juga untuk memperhatikan bahan yang akan kita bicarakan, pilihlah topik yang menarik agar pendengar tidak bosan.

  1. Melakukan sesi tanya jawab dalam Bahasa Inggris

Hal ini berkesinambungan dengan cara di atas yaitu presentasi di kelas. Setelah selesai melakukan presentasi, buatlah sesi tanya jawab. Untuk latihan awal, tidak ada masalah jika kamu bertanya dan menjawab tidak sesuai dengan grammar yang benar atau mengucapkan pronounciation dengan salah. Pastikan ada guru yang mendampingi sehingga bisa dilakukan koreksi pada percakapan Bahasa Inggris yang kurang tepat.

  1. Role Playing

Melakukan percakapan Bahasa Inggris jika tidak diantara orang – orang yang bisa berbicara Bahasa Inggris memang cukup susah. Cara yang dapat kamu lakukan adalah dengan membuat suatu cerita menarik dengan teman. Buatlah dialog dalam Bahasa Inggris yang nantinya bisa digunakan sebagai drama atau hanya sekedar percakapan Bahasa Inggris biasa. Dengan adanya skenario, maka kamu akan lebih percaya diri dalam berbicara dengan menggunakan Bahasa Inggris.

  1. Menulis dalam Bahasa Inggris

Keempat skill berbahasa, speking, reading, writing dan listening sebenarnya saling berkesinambungan. Oleh karenanya, jika ingin mahir dalam speaking maka kamu bisa belajar dengan cara mengasah skill writing. Tulislah kegiatan sehari – hari kamu atau tulislah surat kepada saudara atau teman dengan menggunakan bahasa Inggris. Dengan menulis, kamu dapat menambah kosa kata bahasa Inggris kamu yang nantinya dapat dijadikan bekal untuk melakukan percakapan Bahasa Inggris.

  1. Melakukan Bahasa Inggris Conversation dengan orang di sekeliling yang bisa berbahasa Inggris

Berlatih berbicara dalam Bahasa Inggris jangan hanya dilakukan saat di tempat les atau sekolah saja, lakukan  percakapan Bahasa Inggris dalam kehidupan sehari – hari dengan teman atau kerabat yang bisa berbahasa Inggris. Akan sangat membantu sekali jika di rumah ada rekan yang dapat diajak untuk berlatih berbicara setiap hari. Bila tidak ada teman berbicara di rumah, maka kamu bisa melakukan percakapan secara online. Dengan berlatih berbicara dengan orang yang sudah dikenal, pasti rasa gugup, malu dan tidak percaya diri akan berkurang.

  1. Melakukan Bahasa Inggris Conversation langsung dengan native speaker

Belajar suatu bahasa, apalagi pada kemampuan speaking dan listening, memang akan sangat efisien jika langsung berhadapan dengan orang asing yang memang sehari – harinya menggunakan Bahasa Inggris (native speaker). Jika kamu sudah melakukan cara yang disebutkan di atas dan kamu merasa kamu sudah cukup percaya diri dan tidak lagi malu atau takut, maka inilah saatnya untuk melakukan percakapan Bahasa Inggris dengan bule. Carilah native speaker di sekitar kamu, bisa jadi teman, saudara, kenalan di social media atau guru. Pada awal percakapan, mulailah dengan hal – hal yang kecil seperti bertanya kabar, data diri, kesukaan atau hobi. Kemudian jika sudah lancar mulailah melakukan percakapan Bahasa Inggris dengan topik yang serius.

KampungInggris.Net Selamat datang di KampungInggris.Net, Mau belajar bahasa inggris dengan Mudah dan Menyenangkan.? Pelajari semua materi kami ya..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *