KampungInggris.Net Selamat datang di KampungInggris.Net, Mau belajar bahasa inggris dengan Mudah dan Menyenangkan.? Pelajari semua materi kami ya..

Phrase [FRASA]

5 min read

Phrase

Jika Anda belajar bahasa Inggris, mungkin Anda akan mendengar “Phrase”. Phrase dalam bahasa Inggris atau yang sering dikenal sebagai frasa merupakan sebuah istilah yang digunakan untuk mendefinisikan sebuah kata dalam tata bahasa Inggris. Kata tersebut tidak termasuk ke dalam kategori subjek dan juga kata kerja. Dalam kata lainnya, frasa juga dikenal sebagai penggabungan kata dalam bahasa Inggris yang memiliki makna.

Pada dasarnya, tidak ada jumlah kata atau batasan setiap kata (panjang maupun pendek) kata untuk menjelaskan letak frasa. Hal ini dikarenakan, frasa memiliki lebih dari satu kata. Dengan menggunakan frasa, maka kalimat dalam bahasa Inggris tersebut akan kompleks dan berkembang. Sehingga, dalam konsep bahasa Inggris, kata dapat melakukan perkembangan dengan menjadi kata majemuk hingga klausa dan frasa.

Fungsi Phrase [FRASA]

Secara bahasa phrase dalam bahasa Inggris diartikan sebagai bentuk penggabungan antara beberapa kata yang terdiri antara minimal 2 kata atau lebih yang mana kata tersebut tidak mengandung subjek atau predikat. Phrasa pada sebuah kalimat bahasa Inggris memiliki fungsi yang cukup penting. Fungsi phrasa adalah melengkapi informasi yang ada pada sebuah kalimat bahasa Inggris.

Contoh Phrase

Berikut beberapa contoh penggunaan Phrase Dalam Bahasa Inggris yang perlu Anda ketahui. Untuk memudahkan Anda dalam belajar, maka Anda dapat mencatat beberapa catatan penting agar dapat belajar dengan maksimal.

Example of PhraseMeaning/ Arti
Many books on the broken chair are goodBanyak buku-buku yang ada di atas kursi sangat bagus
Two students in the headmaster room are diligentDua siswa yang berada di ruangan kepala sekolah sungguh rajin
I want to help a little boy who want to buy ice creamSaya ingin membantu anak kecil yang ingin membeli es krim
I love her sweet apple and I want to buy itSaya menyukai buah apel miliknya yang manis dan Saya ingin membelinya

Dari beberapa contoh tersebut, Anda dapat mengetahui bahwa beberapa kalimat yang ada di contoh tersebut adalah phrase, seperti the broken chair, the headmaster room, a little boy, dan sweet apple. Yang mana, Anda dapat melihat bahwa phrase atau frasa itu tidak memiliki predikat dan juga subjek.

Hal ini sesuai dengan pembahasan sebelumnya, yang menjelaskan bahwa rumus phrase adalah tanpa menggunakan subjek dan juga predikat. Dalam bahasa Inggris sendiri, terdapat beberapa jenis frasa yang berbeda. Perbedaan ini memiliki fungsi yang berbeda pula. Berikut perbedaan phrase dalam bahasa Inggris dalam bahasa Inggris yang perlu Anda ketahui.

Jenis-Jenis Phrase

Terdapat beberapa jenis phrase dalam bahasa Inggris yang harus Anda ketahui. Jenis-jenis tersebut didasarkan pada fungsi dan bentuk kata yang dibuat. Berikut beberapa jenis phrase yang harus Anda ketahui.

  1. Noun Phrase

Noun phrase adalah sebuah frasa dalam bahasa Inggris yang telah dibentuk oleh sebuah kata benda atau yang disebut dengan noun. Frasa ini juga disebut dengan noun phrase. Kunci utama dari noun phrase adalah sebuah kata yang dibentuk oleh adanya pronoun dan juga adjective yang memiliki fungsi sebagai noun. Dalam noun phrase sendiri, terdapat dua jenis kata yang disebut sebagai head word atau principal noun dan modifier. 

Basic dalam Noun Phrase

Terdapat beberapa jenis komponen yang berfungsi untuk membentuk basic noun phrase. Beberapa komponen pembentuk tersebut antara lain adalah;

  1. Determiner

Pada bagian ini, rumus phrase determiner dibentuk oleh beberapa bagian yaitu; (1) pre atau yang terdiri dari multiplier, fraction, distributive, intensifier, exclamative. (2) central atau yang terdiri dari article, possessive, demonstrative. (3) post-determiner atau yang terdiri dari number, quantifier.

  1. Head

Pada bagian head sendiri, noun phrase dibentuk oleh noun atau numeral atau yang disebut dengan angka.

Complex Noun Phrase

Seperti yang Anda ketahui sebelumnya, bahwa noun phrase berisi noun modifiers. rumus phrase jenis ini adalah jika modifers ini diletakkan sebelum adanya noun, maka jenis noun ini disebut sebagai pre-modifiers. Sedangkan, jika noun diletakkan setelah adanya noun atau kata benda, maka hal ini disebut sebagai post-modifiers.

Yang termasuk ke dalam bagian noun modifier adalah determiner yang terbagi menjadi Articles (the, a), Demonstrative  (this, that), Numeral (two, five, etc.), Possessive (my, their, etc.), dan Quantifier (some, many, etc.). dalam rumus di bahasa Inggris sendiri, letak dari modifier harus diletakkan di bagian sebelum noun.

Rumus Pembentukan Noun Phrase

Untuk pola pembentukan noun phrase sendiri, terdiri dari beberapa rumus phrase. Diantaranya adalah (1) One-noun NPs, (2) Determinative + N, (3) Determinative + modifier + N, dan (4) Determinative + N + modifier.

Contoh Kalimat Menggunakan Noun Phrase

Noun Phrase sebagai Subjek
The blue bag is for saleTas biru untuk dijual
The diligent woman is beautifulWanita yang rajin itu sungguh cantik
Noun Phrase sebagai Objek Langsung
Should I buy that blue bag?Haruskah aku membeli tas biru itu?
I like your sweet appleAku menyukai apel manismu
Noun Phrase sebagai Object of Preposition
Dina lives in the blue houseDina tinggal di rumah berwarna biru
Noun Phrase sebagai Indirect Object
Dito gave his sweet girlfriend some candyDito memberikan pacar manisnya beberapa permen
  1. Verb Phrase

Verb phrase merupakan salah satu jenis phrase dalam bahasa Inggris yang terdiri dari beberapa jenis main verb atau kata kerja utama dan juga kata kerja bantu.verb phrase ini mengandung beberapa kata kerja bantu yang berfungsi sebagai main verb atau kata kerja utama yang berada di posisi paling akhir.

Bentuk Verb Phrase

Terdapat beberapa bentuk verb phrase. Berikut beberapa bentuk verb phrase yang perlu Anda ketahui.

  1. Main Verb

Verb dalam bentuk ini dapat berupa present tenses atau past tenses. Jika rumus phrase hanya menggunakan main verb, maka phrase ini disebut dengan simple aspect. Beberapa jenis main verb antara lain adalah sebagai berikut.

  1. We are there
  2. I love her
  3. Everybody loved her
  4. We found a lot of money
  1. Auxiliary Verb (be) dan main verb -ing form;

Verb jenis ini menjelaskan tentang frasa yang berkaitan dengan continuous aspect. Beberapa contoh phrase jenis ini adalah;

  1. Everybody is sleeping
  2. He is reading
  3. She is cooking
  4. He is running

Selain beberapa bentuk verb phrase tersebut, terdapat beberapa bentuk verb phrase dalam bahasa Inggris lain yang harus Anda ketahui seperti an auxiliary verb (“have”) and a main verb with past participle, an auxiliary verb (“have” + “been”) and a main verb in the –ing form, a modal verb (can, could, may, might, must, shall, should, will, would) and a main verb, dan Anda juga dapat menggunakan bentuk modal verbs dengan auxiliaries “be“, “have“, and “have been“:

  1. Adjective Phrase

Phrase jenis ini merupakan jenis frasa yang menerangkan kata sifat. Frasa ini merupakan sebuah kumpulan kata yang pada umumnya menerangkan sebuah kata sifat pada sebuah kata. Adjective phrase memiliki beberapa bentuk yang berbeda. Bentuk yang berbeda ini juga memiliki fungsi yang berbeda. Berikut jenis-jenis adjective phrase dalam bahasa Inggris yang perlu Anda ketahui.

Jenis-Jenis Adjective Phrase

Terdapat dua jenis adjective phrase yang perlu Anda ketahui yaitu predicative dan attributive. Predicative merupakan jenis adjective phrase yang memiliki fungsi sebagai predikat. Jenis phrase ini berada setelah kata kerja atau verb yang mana memiliki fungsi untuk menerangkan noun atau kata benda. Sedangkan, attributive berfungsi untuk menerangkan noun atau kata benda yang mana terletak pada frasa sebelum kata benda atau noun. Beberapa contoh diantaranya penggunaan phrase dalam bahasa Inggris jenis ini adalah;

– Nia is so afraid. (Predicative adjective)

– Ria is quite fat. (Predicative adjective)

Selia is an extremely beautiful girl. (Attributive adjective)

– Dina is a terribly a wise woman. (Attributive adjective)

  1. Adverb Phrase

Adverb phrase merupakan salah satu jenis frasa kata yang digunakan untuk mengetahui kumpulan-kumpulan kata. Kumpulan kata ini berfungsi untuk mengetahui dan menerangkan kata keterangan atau adverb. Suatu kumpulan kata dapat dikatakan sebagai adverb phrase jika kata tersebut memiliki bentuk dari macam-macam phrase.

Jenis-Jenis Adverb Phrase

Terdapat beberapa jenis adverb phrase yang perlu Anda ketahui. Pada dasarnya terdapat lima jenis adverb phrase diantaranya adalah adverbs of time (waktu), manner (cara), place (tempat), frequency (frekuensi), dan purpose (tujuan). setiap bentuk phrase tersebut juga memiliki rumus phrase yang berbeda-beda. Jenis tersebut disesuaikan dengan jenis kata yang ada.

Fungsi Adverb Phrase

Pada dasarnya, adverb phrase memiliki fungsi untuk melakukan modifier and modifikasi. Jenis ini berada di seluruh sentences.beberapa fungsi dari jenis frasa ini adalah memodifikasi kata kerja, memodifikasi kata sifat, memodifikasi adverb yang lain, memodifikasi noun phrase, memodifikasi seluruh klausa, dan memodifikasi keseluruhan kalimat.

Contoh Kalimat Adverb Phrase

Beberapa contoh kalimat adverb phrase diantaranya adalah;

– Meet me at the hospital

– They must go before sunset

– In the school many diligent students

  1. Principle Phrase

Jenis phrase ini merupakan jenis phrase yang memiliki arti frasa kata kerja yang berubah menjadi kata benda atau kata sifat. Sehingga, jenis phrase ini dapat disimpulkan sebagai jenis phrase yang menjadi frasa yang terdiri dari complement atau kata keterangan. Terdapat beberapa jenis phrase ini yang harus Anda ketahui. Beberapa jenis phrase ini antara lain adalah phrase yang berfungsi sebagai objek, kata keterangan, dan adverb phrase.

Contoh Penggunaan Principle Phrase

Phrase jenis ini merupakan jenis phrase yang digunakan untuk melakukan reduksi terhadap beberapa jenis phrase. Beberapa contoh penggunaan rumus phrase dari jenis phrase ini antara lain adalah sebagai berikut;

– The woman who is carrying the dool is my sister

– The uncle who brings the laptop is my teacher

– The girl who cooks the soup is my sister.

– The boy who plays the football is my boyfriend.

MASIH BINGUNG? PELAJARI DISINI: BELAJAR BAHASA INGGRIS DASAR

Itulah beberapa informasi yang perlu Anda ketahui mengenai penggunaan phrase dalam bahasa Inggris. Mudah bukan? Sekarang, Anda tidak perlu bingung lagi mengenai penggunaan jenis phrase saat Belajar Bahasa Inggris. Jika Anda menyukai informasi ini, jangan lupa untuk membagikan kepada teman Anda agar mereka juga mengerti tentang phrase atau frasa dalam penggunaan bahasa Inggris.

KampungInggris.Net Selamat datang di KampungInggris.Net, Mau belajar bahasa inggris dengan Mudah dan Menyenangkan.? Pelajari semua materi kami ya..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *