KampungInggris.Net Selamat datang di KampungInggris.Net, Mau belajar bahasa inggris dengan Mudah dan Menyenangkan.? Pelajari semua materi kami ya..

Noun [Kata Benda]

6 min read

Belajar Bahasa Inggris memang susah-susah gampang. Bahasa yang sama sekali tidak berkaitan erat dengan Bahasa Indonesia ini membuat para orang Indonesia menjadi kurang bersemangat dalam belajar bahasa Inggris, Padahal bahasa ini sangat penting karena merupakan bahasa Internasional yang menjadi alat komunikasi efektif yang bisa Anda gunakan di mana saja dan kapan saja. Banyak sekali hal yang harus dipelajari di dalam Bahasa Inggris, contohnya adalah Bahasa Inggris Noun atau dalam bahasa Indonesianya yaitu Kata Benda Bahasa Inggris.

Kata Benda ini harus dipelajari dengan baik karena merupakan kata hampir selalu ada dalam kalimat berbahasa Inggris. Kata Benda ini penting sekali apalagi punya banyak kosa kata yang harus dihafalkan agar tidak lupa. Untuk lebih jelasnya lebih baik kita simak pemaparan sedikit materi tentang Noun atau kata benda dalam Bahasa Inggris pada berikut ini :

Pengertian Noun

Seperti yang kita tahu dari bagian atas tadi, Noun ini memiliki pengertian sebagai kata benda. Kata benda itu apa sih ? Ya, Kata benda adalah suatu kata yang mendeskripsikan suatu benda. Jadi, benda-benda di sekitar Anda itu merupakan Noun jika di Bahasa Inggris.

Ketika sudah tahu maka Anda pasti bisa memberikan contoh kata benda yang ada di sekitar Anda, coba lihat sekeliling Anda dan carilah Bahasa Inggrisnya. Ya, contoh kata benda ini adalah Table atau dalam bahasa Indonesianya Meja. Ada lagi Glass untuk Gelas, dan masih banyak lagi di sekitar Anda.

Kata Benda ini mungkin terlihat mudah bukan ? Namun, jangan senang dahulu karena tinggal menghafal saja. Noun ini memiliki berbagai jenis fungsi, dan juga pengelompokan sehingga tidak bisa sembarangan meletakkannya.

Tidak hanya peletakannya saja akan tetapi juga aturan-aturan kata benda itu sendiri juga harus mulai dipahami agar tidak ada kesalahan dalam penggunaannya.

Fungsi Noun

Noun memiliki beberapa fungsi pada kalimat, pada peletakan yang berbeda juga mengubah fungsi kata benda tersebut. Hal ini sangat penting dipelajari karena masuk dalam grammar Bahasa Inggris. Anda harus mempelajarinya secara benar agar Anda bisa mengelompokkan fungsi dari kata benda tersebut. Anda pasti sudah sering mendengar subjek, objek, keterangan dalam kalimat.

  1. Sebagai Subjek

Kata Benda dalam bahasa Inggris atau Noun bisa menjadi subjek dari suatu kalimat. Subjek ini biasanya terletak pada bagian kalimat yang paling awal. Subjek menjadi pelaku dari suatu kegiatan di dalam kalimat yang melakukan pekerjaan terhadap objek atau tanpa objek.

Contoh penggunaan dari Kata Benda Bahasa Inggris ini yaitu :

  • Rinais singing a song

Artinya : Rina sedang Menyanyikan sebuah lagu

Penjabaran : Kalimat tersebut apabila dijabarkan menjadi Rina sebagai kata benda berupa manusia, is merupakan to besinging merupakan kata kerja, dan a song merupakan objek

  1. Sebagai Objek Pelengkap

Kata benda Bahasa Inggris yang selanjutnya harus kita pelajari adalah kata benda yang berkedudukan sebagai objek di dalam kalimat. Dengan kedudukannya sebagai objek, biasanya kata benda ini terletak di kalimat paling belakang sendiri atau paling akhir kalimat.

Pada objek pelengkap ini, kata benda memang menjadi objek akan tetapi hanya sebagai pelengkap, yang tidak bisa digantikan menjadi subjek. Contoh dari Kalimat yang menggunakan kata benda sebagai objek pelengkap adalah

  • Mr. Arnold is a Chef

Artinya : Tuan Arnold adalah seorang koki.

Penjabaran : Mr. Arnold adalah subjek, is adalah to be, dan Chef adalah kata benda pelengkap.

  1. Sebagai Objek Langsung

Selanjutnya ada Kata benda yang kedudukannya di dalam kalimat sebagai objek yang langsung atau memang sebagai objek pada aslinya. Sebagai Objek, kata benda ini biasanya dijadikan sebagai target dari kegiatan yang ada di dalam kalimat oleh subjek yang terdapat di kalimat tersebut. Contoh kalimat yang menggunakan kata benda sebagai Objek adalah

  • Beni brings a ball

Artinya : Beni Membawa sebuah Bola

Penjabaran : Kalimat tersebut bisa dijabarkan menjadi Beni sebagai Subjek, Brings sebagai kata kerja, dan a ball merupakan objek.

  1. Sebagai Objek Tak Langsung

Bahasa Inggris Noun atau kata benda yang ada di Bahasa Inggris juga bisa menjadi objek yang tidak langsung pada suatu kalimat. Objek tak langsung yang dimaksud di sini adalah ada suatu kata benda semu yang merupakan objek tapi memiliki embel-embel kepemilikan si subjek.

Untuk memperjelas Kata benda yang menjadi objek tak langsung ini akan lebih bagus jika menggunakan contoh berikut ini :

  • She gave her daughtera doll

Artinya : Dia (perempuan) memberikan anak perempuannya sebuah boneka

Panjabaran : She merupakan subjek, gave adalah kata kerja, her adalah kepunyaan, daughter adalah objek dan a doll adalah kata benda tambahan saja

  1. Sebagai Kata Keterangan

Kata Benda juga bisa digunakan sebagai kata keterangan dalam sebuah kalimat, yang memiliki fungsi untuk menerangkan sesuatu hal di dalam kalimat. Kata keterangan ini bisa merujuk pada waktu, tempat, dan lain sebagainya.

Biasanya kata ini terletak pada bagian paling terakhir yang menunjukkan sebuah keterangan dari suatu dari kalimat tersebut. Contohnya :

  • Doni studies English at home

Artinya : Doni belajar Bahasa Inggris di Rumah

Penjabaran : Doni sebagai subjek, studies sebagai kata kerja, English sebagai objek, dan at home sebagai kata keterangan.

Jenis-Jenis Noun

  1. Kata Benda Bisa Dihitung dan Tidak Bisa Dihitung (CountableNoun dan Uncountable Noun)

Kata Benda yang bisa dihitung atau Countable Noun adalah kata benda yang jumlahnya bisa dihitung dengan manual tanpa menggunakan alat. Contoh dari kata benda yang bisa dihitung adalah grape (Anggur), cake (kue), glass (gelas) dan lain sebagainya. Benda yang disebutkan itu bisa dihitung secara langsung jumlahnya.

Sedangkan Kata Benda yang tidak bisa dihitung atau Uncountable Noun adalah suatu kata benda yang jumlahnya tidak bisa dihitung karena ukurannya yang kecil atau bahkan tidak diketahui. Biasanya untuk mengetahui jumlahnya menggunakan alat. Contohnya : sugar (gula), water (air), sand (pasir), dan lainnya. Benda tersebut tidak bisa dihitung dengan perhitungan biasa.

  1. Kata Benda Spesifik dan Kata Benda Umum (Proper Noun dan Common Noun)

Kata benda yang spesifik atau Proper Noun adalah kata benda yang memang sudah jelas dan sangat spesifik. Biasanya katanya diawali dengan huruf besar karena merupakan kata benda dalam bentuk penamaan. Contoh dari kata benda ini adalah : Jakarta ( Nama Sebuah provinsi), Gramedia ( Nama Toko Buku), dan sebagainya.

Selanjutnya ada Kata Benda umum atau Common Noun yang merupakan kata benda yang terlihat tunggal tapi sebenarnya masih memiliki arti yang umum. Contoh dari kata benda yang umum ini adalah : Town (Kota yang belum jelas kota mana), Shop (Toko yang belum jelas toko apa), dan masih banyak yang lainnya.

  1. Kata Benda yang Tidak Bisa Dilihat Mata dan yang Bisa Dilihat Mata (Abstarct Noun dan Concrate Noun)

Kata Benda yang tidak bisa dilihat atau Abstract Noun adalah kata benda yang kita tahu kehadirannya di sekitar kita akan tetapi tidak memiliki wujud yang nyata sehingga masih bersifat sangat abstrak atau tidak jelas. Contoh dari kata benda yang tidak bisa dilihat adalah : love (cinta), idea (ide), dan lainnya.

Selanjutnya untuk kata benda yang bisa dilihat mata atau Concrate Noun adalah suatu kata benda yang biasa kita temukan setiap hari yang wujudnya konkret dan nyata yang bisanya kita temukan di sekitar kita. Contoh dari Concrate Noun adalah Table (Meja), Book (Buku),

  1. Kata Benda Tunggal dan Kata Benda Majemuk (Singular dan Plural Noun)

Kata Benda tunggal atau Singular Noun adalah kata benda yang memiliki jumlah tunggal atau satu saja dan sedangkan Kata Benda Majemuk atau Plural Noun adalah Kata Benda yang memiliki jumlah yang banyak atau lebih dari satu.

Penggunaan kata benda tunggal menjadi kata benda majemuk ini memiliki beberapa aturan yang menjadi patokan untuk membuat kalimat atau mengungkapkan katanya saja. Ada kata tunggal ke kata majemuk dengan aturan baku ada yang tidak.

Biasanya benda tunggal ke majemuk yang memiliki aturan yang baku hanya diberikan tambahan huruf “s” saja di belakang kata. Sedangkan untuk yang tidak punya aturan memang sudah memiliki bentuk yang berbeda contohnya adalah Woman (Wanita = Tunggal, menjadi Women (Wanita = Majemuk)

  1. Kata Benda Kelompok (Collective Noun)

Kata Benda kelompok adalah kata benda yang menggambarkan suatu kelompok atau suatu perkumpulan. Mungkin Anda bertanya-tanya apa bedanya kata benda kelompok dengan kata benda majemuk ? jelas berbeda, Kata Benda Majemuk adalah kata benda yang memperlihatkan jumlah yang banyak, sedangkan kata benda kelompok ini menyebutkan kelompok dari jumlah tersebut.

Pada kata benda majemuk ini hanya kata benda biasa akan tetapi dalam jumlah yang besar, sedangkan apabila kata benda kelompok memang terdiri dari jumlah yang banyak akan tetapi dalam kelompok yang sama.

Cara mudahnya, jika kita melihat beberapa contoh yaitu class (Kelas), team (Tim), pair (Sepasang), dan lainnya.

Cara Belajar Noun dengan Mudah dan Cepat

  1. Menghafal Secara Manual

Jika Anda merupakan orang yang bisa menghafal suatu kata atau kalimat dengan mudah maka sebaiknya Anda menghafalnya secara manual saja agar tidak banyak menghabiskan waktu. Anda bisa mencari beberapa kata benda lalu hafalkan dan jangan lupa untuk selalu mengingatnya di setiap waktu agar tidak lupa dan praktikkan dalam sehari-hari.

Namun, yang perlu Anda ingat bahwa cara ini hanya berlaku pada orang yang memiliki kemampuan mengafal dengan baik. Jika Anda pelupa sebaiknya menghindari cara yang seperti ini karena percuma saja, kosa kata yang Anda hafalkan hanya akan hilang dengan cepat. Gunakan teknik yang lain yang bisa Anda simak selanjutnya di sini.

  1. Menamai Setiap Benda Dengan Bahasa Inggris

Jika tadi yang pandai menghafal bisa menggunakan cara manual maka selanjutnya bagi Anda yang kurang bisa menghafal bisa menggunakan cara yang satu ini yaitu dengan menamai setiap barang di rumah atau ruangan Anda dengan kata berbahasa Inggris sehingga akan mudah diingat.

Cara ini bisa sangat efektif karena memadukan benda dalam bentuk konkret dengan tulisan yang bisa merangsang otak Anda untuk bisa menerima sinyal dengan lebih mudah. Anda bisa menamai setiap benda tersebut dengan menggunakan stiker atau menggunakan kertas yang ditulisi dengan spidol dalam bahasa Inggris.

Pertama, Anda bisa mencari bahasa inggris benda di rumah Anda di kamus, lalu tulis namanya di sebuah kertas, dan tempelkan pada benda tersebut dengan menggunakan selotip yang lengket. Hafalkan setiap haris maka akan sangat mudah, bahkan satu hari atau dua hari saja sudah bisa hafal

  1. Terus Berlatih

Untuk bisa belajar tentang kata benda, Anda harus sering dan terus menerus berlatih menggunakan bahasa Inggris. Anda harus berlatih setiap harus, menghafal, dan juga mempraktikkan apa yang telah Anda pelajari agar tidak lupa. Contohnya, apabila Anda sudah hafal dengan tulisan yang Anda tempel di rumah maka segera copot lagi, lalu ulangi apakah Anda masih ingat betul nama-nama barang Anda dalam bahasa Inggris.

Jika masih ingat pada hari pertama, selanjutnya praktikkan kembali pada hari berikutnya apakah masih hafal atau tidak. Jika setiap hari sudah hafal maka selakan untuk menghafal kata yang lain. Lalu ulangi lagi dalam satu minggu ke depan apakah masih ada apalagi sudah tertimpa hafalan yang baru.

  1. Gunakan dalam Kalimat

Untuk mempermudah Anda dalam menggunakan kata benda, maka bisa digunakan dalam kalimat yang bisa Anda otak-atik sesuai dengan apa yang Anda pikirkan. Anda juga bisa mengamalkan ilmu yang tadi telah dijelaskan di atas tentang fungsi kata benda yaitu penempatannya yang sebagai subjek, objek, dan juga sebagai kata keterangan.

Anda bisa membuat kalimat-kalimat sederhana dan menghubung-hubungkan kata benda dengan menggunakan kalimat yang sering Anda dengar. Anda juga bisa menulis sebuah cerita atau artikel yang membahas tentang suatu kata benda agar kemampuan Anda semakin terasah.

Biasanya dengan menggunakan kalimat juga akan memudahkan Anda dalam menghafalkan atau mengingat kata benda yang ada.

  1. Identifikasi Kata Benda di Berbagai Kalimat

Anda bisa mengidentifikasi berbagai kata benda dengan menggunakan kalimat yang sudah jadi. Anda bisa mengidentifikasi kata benda dengan menggunakan artikel Bahasa Inggris yang bisa Anda cari kata bendanya baik dalam kedudukannya sebagai objek, sebagai subjek, atau sebagai predikat. Dengan seperti itu maka Anda akan lebih mudah mendapatkan pengetahuan baru.

Selain itu, Anda bisa mengidentifikasi kata benda melalui berbagai percakapan di film, di drama, lalu pada lagu, novel, puisi, dan apa pun yang menggunakan Bahasa Inggris. Cari kata benda yang ada di dalam beberapa contoh tersebut, identifikasi termasuk kata benda apakah kata tersebut.

  1. Selalu cari Kosa Kata Baru dari Kamus.

Mencari kosa kata untuk kata benda di kamus juga bisa menjadi salah satu hal yang membuat pengetahuan Anda semakin banyak mengenai kata benda ini. Anda bisa menemukan kata benda dengan kode huruf yang biasanya ada di setelah kata tersebut, selain itu maka bukan kata benda.

Itu tadi merupakan beberapa materi dan cara untuk bisa belajar Bahasa Inggris Noun yang dalam Bahasa Indonesia sering kita pelajari dengan Kata Benda Bahasa Inggris.

KampungInggris.Net Selamat datang di KampungInggris.Net, Mau belajar bahasa inggris dengan Mudah dan Menyenangkan.? Pelajari semua materi kami ya..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *