KampungInggris.Net Selamat datang di KampungInggris.Net, Mau belajar bahasa inggris dengan Mudah dan Menyenangkan.? Pelajari semua materi kami ya..

Vocabulary [KosaKata]

5 min read

Meski terkesan mudah, mempelajari bahasa Inggris vocabulary tak jarang jadi penghalang beberapa orang. Vocabulary atau kosakata adalah kumpulan kata benda dalam struktur bahasa. Pemakaiannya lebih umum dalam kalimat, walau ada juga yang digunakan buat frasa hingga idiom.

Di sisi lain, jumlah vocabulary yang sangat banyak membuat orang-orang malas menghafal, padahal kata-kata tersebut dibutuhkan untuk berbagai kesempatan. Nah, agar kalian lebih mudah mengingat daftar vocabulary bahasa Inggris, mari simak definisi dan jenis-jenisnya berikut ini!

Pengertian dan jenis-jenis vocabulary

Kosakata atau vocabulary setidaknya diartikan menjadi tiga makna, antara lain:

  1. Kosakata sebagai kumpulan kata dalam sebuah bahasa. Dalam kosa kata bahasa Inggris, lema-lema baru akan otomatis ditambahkan ke dalam daftar;
  2. Kosakata sebagai kata-kata yang dipakai dalam konteks tertentu. Beberapa kata akan mengalami perubahan makna mengikuti konteks kalimat yang diaplikasikan;
  3. Kosakata sebagai kumpulan kata yang diketahui seseorang.

Kemudian, dari segi pemakaian, vocabulary dibagi menjadi dua jenis, yakni active vocabulary dan passive vocabulary. Kata-kata yang masuk ke kategori aktif adalah kumpulan lema yang dimengerti sekaligus sering digunakan. Sementara yang masuk ke kategori pasif meski mudah kalian pahami, tetapi relatif sulit buat diaplikasikan.

Jenis bahasa Inggris vocabulary ternyata beragam seperti parts of speech. Seperti yang kalian tahu, parts of speech terdiri atas noun (kata benda), pronoun (kata ganti) verb (kata kerja), adverb (kata keterangan), preposition (kata perangkai), conjuction (konjungsi), dan interjection (kata seru/perintah).

Kemudian, berdasarkan Thornbury, jenis kosa kata bahasa Inggris dibagi menjadi enam jenis; lebih sedikit dibandingkan parts of speech. Walau begitu, memahami vocabulary sebagai micro skill jadi bagian terpenting dalam mempelajari bahasa Inggris. Apalagi kosakata punya hubungan yang kuat dengan parts of speech, sehingga tak bisa kalian abaikan begitu saja.

Betapa tidak? Kalian akan memakai vocabulary dalam keterampilan lain, termasuk empat skill utama seperti writing, listening, reading, dan speaking. Lalu, apa saja enam tipe kosa kata bahasa Inggris yang sudah diklasifikasikan Thornbury?

Word classes

Kalian yang pernah belajar sintaks dan morfologi pasti akrab dengan word classes. Namun, kalian tak perlu pusing mencari pengertian word classes dari bidang lingustik, karena ternyata dalam bahasa Inggris istilah tersebut dikenal juga dengan nama parts of speech. Dengan kata lain, parts of speech sebenarnya adalah bagian dari vocabulary yang kemudian dikelompokkan berdasarkan fungsinya dalam kalimat.

Word families

Selanjutnya ada word families yang lebih sering dibahas dalam materi sintaks dan morfologi. Kosakata yang digunakan dalam word families biasanya membahas seputar pergeseran bentuk kata atau imbuhan. Sebaga contoh:

Play – plays –played. Perubahan dalam ketiga kata bahasa Inggris vocabulary ini terletak di segi bunyi (inflected), sementara maknanya masih sama. Namun, bisa saja berbeda saat ditempatkan pada konteks tertentu.

Play – replay – playful. Perubahan dalam ketiga kata ini terletak pada asal muasal kala (derivates). Pada replay, kata play mendapatkan imbuhan re- yang merujuk pada pengulangan, sedangkan pada kata playful ada imbukan –ful yang mengindikasikan kata sifat (adjective).

Word formation

Sesuai namanya, word formation dalam materi bahasa Inggris vocabulary merupakan pembentukan formasi kata atau gabungan kata. Berikut beberapa contohnya:

Compunding: typewriter, word processor, second-hand. Kata-kata ini adalah gabungan dari dua lema. Typewriter (mesin tik) dari type dan writersecond-hand (bekas) dari second and hand), dan word processor yang berarti pengolah kata.

Blending: infotainment. Kosa kata bahasa Inggris ini adalah hasil kombinasi dari dua kata, yakni information dan entertainment. Mengikuti dua kata dasarnya, infotainment adalah jenis media atau pemberitaan yang berkaitan dengan dunia hiburan.

Conversion: I google every thing before asking. Kata google sebenarnya masuk ke kategori noun atau kata benda, tetapi dikonversi menjadi verb mengikuti tren dan dinamika bahasa.

Clipping: e-mail (electronic mail), flu (influenza). Berbeda dari blending, kata-kata yang masuk ke jenis clipping adalah hasil pangkasan dari satu atau dua kata.

Multi-word units

Dalam bahasa Inggris vocabulary, multi-word units mencakup kosakata yang dibentuk jadi idiom hingga phrasal verbs. Contohnya:

Phrasal verbs: look after, look for, throw on, wipe off. Mengikuti namanya, daftar kosa kata bahasa Inggris yang masuk ke kategori phrasal verbs berasal dari kata kerja atau verb (look, throw, off), yang kemudian mengalami perubahan makna saat dijadikan sebagai frasa.

Idiom: eat your words, famous last word, jack me around. Idiom tak bisa kalian artikan mentah-mentah. Seperti famous last word, misalnya, yang merujuk pada kata-kata terakhir yang diucapkan seseorang sebelum meninggal.

Collocations

Kosakata yang masuk ke kategori collocations biasanya terdiri atas dua kata atau lebih yang sering dirangkai bersama. Kosa kata bahasa Inggris yang dapat dijadikan contoh adalah as well, this week, once more, once again, dan lain sebagainya.

Homonyms

Pernah mendengarnya? Homonyms atau homonim adalah jenis kosakata yang mempunyai bentuk sama, tetapi berbeda dari segi makna. Sebagai contoh, kata well yang bisa diartikan sebagai sumur dan keadaan baik atau sehat. Kata left adalah bentuk verb 2 dari kata leave, tetapi juga berarti kiri.

Ada pula homophones, kata-kata denga bunyi sama, tetapi maknanya berbeda. Sementara kata-kata dalam homograpgh punya tulisan sama, tetapi maknanya berbeda.

Cara mudah dan ampuh menguasai vocabulary bahasa Inggris

Setelah mengetahui jenis dalam bahasa Inggris vocabularysekarang kita lanjutkan ke cara-cara yang bisa membantu kalian buat menguasainya. Sebagian besar teknik berikut sesungguhnya dekat dengan kehidupan kalian. Konsistensi tinggi yang dibarengi ketekunan bakal membuat kebiasaan-kebiasaan ini membantu kalian dalam mempelajari kosakata bahasa Inggris.

  • Bangkitkan rasa ingin tahu

Curiosity killed the cat. Namun, rasa penasaran juga yang bakal membantu kalian menggali kumpulan vocabulary bahasa Inggris. Kalian bisa memulainya dengan membaca artikel atau buku yang ditulis dalam bahasa Inggris. Siapkan kamus terjemahan versi terbaru, sehingga kalian bisa langsung memeriksa arti dari kata yang baru ditemukan.

Rasa ingin tahu atau penasaran paling mudah muncul dari minat maupun hal-hal yang kalian sukai. Kalian yang punya hobi memasak, misalnya, bakal lebih semangat belajar vocabulary dari resep-resep makanan dan minuman dibandingkan dari media lain. Setelah menguasai kosa kata bahasa Inggris dari bidang tersebut, perluas hafalan kalian ke bidang lainnya.

  • Manfaatkan fasilitas dan teknologi

Daripada digunakan untuk hal yang nirfaedah, manfaatkan fasilitas dan teknologi di sekitar kalian buat memperkaya hafalan kosakata bahasa Inggris. Melalui smartphone, misalnya, kalian bisa unduh dan instal aplikasi bahasa. Beberapa aplikasi menyediakan fitur yang memungkinkan kalian buat mengingat vocabulary lebih cepat dengan cara yang menyenangkan.

Selain lewat smartphone, bahasa Inggris vocabulary bisa kalian pelajari dengan benda sehari-hari seperti post-it berwarna. Tulis kosakata berdasarkan jenis dalam warna berbeda, lalu baca sebelum kalian tidur setiap hari. Perlahan tapi pasti, kalian bakal mengingat vocabulary tadi beserta artinya.

Kalian juga bisa menggunakan software seperti Microsoft Excel untuk mempraktikan tip belajar bahasa Inggris. Caranya? Buat spreadsheet khusus berisi kosakata, lalu tandai dengan warna berbeda sesuai jenis seperti teknik post-it. Setiap kali kalian berhasil menghafalkan beberapa kata, tambahkan tiga hingga lima kata baru untuk memperkaya hafalan.

  • Tulis dan ucapkan, lalu pahami artinya

Seperti yang sudah disinggung, vocabulary berhubungan erat dengan empat skill utama dalam bahasa Inggris. Jika kalian ingin menggabungkannya dengan keterampilan berbicara, siapkan kamus lengkap kosa kata bahasa Inggris. Setiap kali kalian menemukan kata baru, cari dan ucapkan sesuai pelafalan yang tertera. Ulangi sembari memahami makna dan pemakaian konteks sampai benar-benar meresap dalam pikiran kalian.

Kalian dapat mengembangkan hafalan vocabulary sampil meningkatkan keterampilan menulis atau writing. Metode ini akan terasa lebih mudah kalau kalian sudah punya catatan atau buku khusus yang merangkum kosakata. Dari titik ini, kalian bisa melanjutkannya dengan menulis kalimat. Mulai dari struktur sederhana seperti Subject + Verb.

Dalam tahap ini, kalian mungkin bakal memikirkan tenses untuk kata kerja. Tenses memang memegang peranan penting, tetapi jangan sampai membuyarkan konsentrasi kalian saat mengulik bahasa Inggris vocabulary. Pilih dulu satu jenis tenses dasar seperti simple present tense, lalu buat kalimat dengan vocabulary yang tersedia.

  • Eksplorasi sinonim dan frasa dari kosakata

Apa kalian sudah mengingat kosakata dasar beserta artinya? Tingkatkan level dengan mencari sinonim dan frasa dari vocabulary yang bersangkutan. Langkah ini akan lebih mudah dipraktikan kalau kalian punya kamus tesaurus untuk belajar bahasa Inggris vocabulary.

Sebagai contoh, berikut sinonim dan frasa dari kosakata yang paling umum dijumpai dalam materi bahasa Inggris:

Kata percaya bisa diartikan sebagai believe, trust, put in charge, count in/on.

Kata teman dalam bahasa Inggris bervariasi dari friend, buddy, fellow, mate, hingga companion.

Kata kunjungan/mengunjungi dapat diartikan sebgai call on, visit, hingga give acall.

Selain itu, kosa kata bahasa Inggris akan menghasilkan berbagai makna saat ditambah preposisi, seperti:

Kata take bisa dikembangkan jadi take care, take in, take off, take away, take down, take up, dan lain sebagainya.

Kata act bisa dikembangkan jadi action, active, actor, actor, acting, dan lain sebagainya.

Kata result bisa dikembangkan jadi result in, result of, hingga resultant.

Cukup banyak, bukan? Perlu diperhatikan bahwa baik dalam contoh sinonim dan tambahan preposisi, vocabolary harus ditempatkan sesuai konteks kalimat dalam bahasa Inggris vocabulary. Asal memilih akan mengubah makna dan pesan tak tersampaikan dengan baik.

  • Buat komitmen belajar dan disiplin mematuhinya

Tip terakhir yang akan membuat kegiatan belajar bahasa Inggris memberikan hasil yang diharapkan adalah dengan menguatkan komitmen. Percuma saja kalian beli buku dan kamus mahal apabila tak dibarengi konsistensi.

Untuk menjaga komitmen, kalian dapat susun jadwal belajar bahasa Inggris vocabulary. Tak perlu lama-lama selama kalian lakukan secara teratur. Misalnya, 10 menit menjelang tidur atau setelah bangun tidur. Begitu terbiasa, tingkatkan sedikit demi sedikit sampai kalian lancar memakai kata-kata tadi, termasuk saat diaplikasikan dalam kalimat.

Itulah definisi kosa kata bahasa Inggris beserta tip buat menghafalkannya. Selamat belajar!

KampungInggris.Net Selamat datang di KampungInggris.Net, Mau belajar bahasa inggris dengan Mudah dan Menyenangkan.? Pelajari semua materi kami ya..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *